Mpasi Ya?

October 09, 2017


Okey, untuk membuka post di bulan Oktober gue akan mulai dengan sharing cerita MPASI Kai. Seperti ibu ibu lainnya, dari dia umur 4 bulan gue udah heboh baca baca soal MPASI, gue menganut paham MPASI di mulai ketika bayi berusia 180 hari atau 6 bulan dan bayi tidak boleh menelan apapun selain ASI atau susu formula selama 6 bulan pertama hidupnya. Kalo bayi tetangga makan pisang bejek pas hari ke tiga dia lahir ke dunia terus tidurnya nyenyak terus badannya montok ya biarin aja, yang penting bayi gue enggak.

Sekali lagi sebagai ibu ibu instagram yang sebenernya makin ke sini gue makin bijak, alat alat buat MPASI itu banyak dan mahal banget, kayaknya 5 juta belanja buat alat makan doang aja masih kurang. Dari segala slow cooker, food grinder, bib yang satu bijinya 200 rebu, dan barang barang lain yang sebenernya cuma instagramable (jeritan hati mak mak menengah ngehe) toh tanpa itu anak juga bisa dan harus makan. Ha ha ha

Jadi sebagai ibu ibu suka ngirit gue lebih fokus ke bahan makanan yang bakal Kai makan, elah ini juga kalo di instagram mah bahannya import semua mak! Dari zucchini, butternut squash, edamame endebre endebre (pokoknya semua salah instagram)

Jadi ini beberapa hal yang gue persiapkan untuk makan perdana Kai, FYI kai mulai makan waktu umurnya 6 bulan kurang seminggu. Ha ha ha menganut paham apanya.
  • Feeding Set Pigeon
Ada sih hadiah satu set alat makan yang udah lengkap sama saringan jeruk endebre endebre tapi gue gak sreg sama sendoknya, jadi gue beli feeding set pigeon yang kecil buat ambil sendoknya aja karena cari yang cuma jual sendoknya susah banget, eh tapi mangkoknya jadi kepake sih. Hehehe
  • Bib / Slabber
Ini ya, gue sempet terbayang bayang mau beliin Kai Bjorn yang biru yang harganya 200ribu tapi lalu otak bagian kewarasan gue menyala terang jadi gue ganti bib yang bisa dilap gitu harganya 20ribu dan beli cuma satu. Pas dicoba Kai kayak gak nyaman gitu karena ukurannya yang emang gede, dia lebih suka bib kain yang kecil itu yang mana ibunya cuma punya satu. Sisanya lebih sering ditatakin baju dia yang udah jelek. Hahaha. Tapi emang rejeki anak sholeh, dia dapet lungsuran banyak banget bib kain dan plastik dan yang kayak punya dia gitu. Jadi ibunya hepi gak usah beli lagi.
  • Gelas minum
Ini juga dapet hadiah mereknya Dr. Brown jadi dari Kai mulai makan sampe sekarang 8 bulan dia minum pake ini. Awalnya sih tumpah tumpah tapi makin lama makin baik.
  • Blender / Saringan Kawat
Gue sengaja beli tabung blender kecil biar makanan Kai gak campur sama bekas bumbu. Pake saringan juga lebih praktis sih. Kalo bikin pure enak pake blender kalo bikin makanan kayak sekarang ya gue sih saring aja.
  • Panci Kukus & Rebus / Centong
Ini beli panci yang 40ribuan di pasar bahannya alumunium udah paling enak lah. Buat ngetim tinggal beli mangkok stainless yang lebih kecil. Gak usah pak slow cooker yang ratusan ribu itu. Ha ha ha
  • Plastik / Kantong / Botol Kaldu
Ini kalo di instagram pada beli ice tray yang ternyata mahal juga, gue mah simple, pake plastik klip kecil atau yang biasa buat es mambo masukkin wadah tertutup simpen di freezer. Kalo masih ada kelebihan botol kosong bekas asip boleh juga dipake. Biasanya gue bikin kaldu untuk 7 hari, nah untuk dua hari pertama gue taro chiller aja sisanya baru naik freezer. Plastik klip ini juga enak buat nyimpen protein per porsi biar bahan makanan gak terpaksa keluar masuk jadi tiap 3-5 hari sekali gue beli ikan atau daging terus dipotong per porsi baru simpen di chiller atau freezer, untuk sayur lebih enak belanja pagi pagi biar fresh.
  • Kursi Makan
Sempet mau beli yang merek Pliko 250ribuan tapi kemudian bertapa dan mencermati kelakuan Kai yang sungguh ingin menjelajah. Jadi gue sewa booster seat untuk sebulan pertama karena Kai belum bisa duduk tegak, bener aja kepake cuma beberapa kali karena dia ogah. Yah mungkin karena gak dibiasain juga ya. Terus biaya sewa berapa? 125ribu saja (75ribu biaya sewa satu bulan + 50ribu ongkir antar jemput). Pilihan bijak gak beliin Kai booster seat, karena sekarang dia udah bisa duduk tegak cenderung maunya berdiri aja, jadi ya makannya ala lesehan dengan segala barang untuk dipegang.
  • Food Container
Wah ini juga kalo kiblatnya instagram mah mahal, memanfaatkan tupperware kecil kecil akan jauh lebih baik dan bijaksana.
  • Buku Resep?
Gak ada udah, pake hati nurani dan bikin catatan sendiri ajalah.
 

Baru cerita alat alatnya aja udah ngos ngosan. Ha ha ha. Di post selanjutnya gue bakal cerita bahan makanan dan menu 2 minggu pertama Kai makan.

 
See ya!

You Might Also Like

0 komentar