Catatan Persalinan Akhir

February 20, 2017

"Anaknya laki laki ya beratnya 3,2 panjangnya 50 lahir jam 23.45 " Kata bidan yang bersihin Kai

Hah?!

Gede juga, 3 minggu lalu kontrol beratnya cuma 2,8 Hahaha. Alhamdulillah.

Selesai beberes jaitan gue dibawa ke ruang inap. Bidan pesen supaya gue jalan ke kamar mandi buat pipis. Gak lama bidan pergi gue coba duduk dengan susah payah mau ke kamar mandi, karena cuma berdua mama akhirnya kami nunggu suami dateng yang habis ngopi. Tapi agak lama duduk gue ngerasa pusing, jadilah gue balik tidur gak jadi pipis. Sejam kemudian gue bilang mau pipis, alih alih belajar duduk baru berdiri, mama dan suami dorong ranjang ke pintu kamar mandi. Gue turun dipapah duduk di kloset dan tidur pules beberapa menit sampe gue sadar kalo ternyata gue pingsan, banyak darah ngalir dari bawah situ. Gue lemes.

Suami panik mama panik, bidan dateng. Pas gue dibantu bangun buat balik ke ranjang, gue ngerasa pules lagi. Ternyata itu pingsan lagi. Setelah balik ke ranjang bidan nyuruh gue pipis di situ. Ada rasa pengen pipis tapi gak ada yang keluar, gak bisa.


Bidan masangin catheter dan gak perlu nunggu lama kantong pipis udah penuh. Dengan kondisi lemah capek habis melahirkan gue coba tidur walau gak bisa.

Paginya gue dites darah dan dapet vonis yang kurang mengenakan. Hb gue rendah ditambah saluran kencing yang kejepit. Huft. Akhirnya gue dipasang catheter dan selangnya diklep tiap 4 jam sekali.

Restorasi urine istilahnya.

Suster yang kontrol bolak balik nyuruh gue jalan supaya cepet pulih. Hem. Maunya sih gitu tapi sejak kejadian tengah malam itu gue jadi agak kurang berani duduk ditambah kurang tidur dan tenaga habis terkuras banyak. Ya super duper lemas lah.

Besok paginya bidan tanya Kai mau pulang hari ini atau nunggu ibunya—Kai sebenernya udah bisa pulang dari kemarin tapi karena ibunya begini jadi ikut ditahan, sedih—gue tanya balik "Saya bisa pulang kapan?"

"Ya tergantung ada rangsangan atau enggak, ini bayinya ada bpjs atau pribadi? Saya tunggu sebelum jam 12 ya biar bisa pulang hari ini"

Duh. Kai pulang hari ini, berarti gue juga harus pulang hari ini. Pas bidan pergi gue menguatkan badan untuk miring tapi kok rasanya bokong gue nempel banget sama ranjang ya? Beraaaaaaat.

"Ayolah! Perjuangan setelah ini lebih berat dari sekedar angkat pantat!" 

Kalimat yang gue ucapin itu ternyata bikin gue bisa miring dan duduk, dibantu mama gue coba ke kamar mandi buat bersihin sisa sisa darah sambil pegangin infusan dan kantong pipis, itu darah dari jalan lahir masih netes netes sepanjang jalan. Bodo ah.

Kai datang dan gue semangat buat minum air sebanyak banyaknya. Gimanapun caranya gue harus pulang hari ini. Bareng Kai.

Satu jam setelah selang diklep gue ngerasa banget mau pipis, gue minta mama panggil suster kata suster nanti sejam lagi baru dibuka. Doh.

Dengan keadaan pengen banget pipis—sampe nyeri gak karuan—gue tetep memaksa untuk banyak minum, biar pulang biar pulang. Akhirnya suster dateng, klep gue dilepas dan disuruh pipis di kamar mandi sampai habis. Setelah dicoba, eh bisa loh pipis manual. Alhamdulillah.

Tapi restorasi belum berhenti di sini, walaupun gue udah bisa pipis suster masih harus ngecek sisa pipis yang ada. Jadi catheter dipasang lagi dan diliat sisa pipisnya, kalo kurang dari 150ml biasanya udah boleh pulang. Duh bismillah.

"Wah masih banyak nih bu" kata bidan mandangin air seni gue di baskom.

Ya allah aku pengen pulang hari ini sama Kai

"Eh udahan nih, kita liat dulu ya berapa mili"

Pas dituang ke gelas ukur "90ml nih nanti kita tanya dokter ya, harusnya sih udah bisa pulang"

Haaaaaaaa senangnya dapet berita begitu, setidaknya ada harapan menyala gue bisa pulang hari ini sama Kai. Jam setengah 1 dokter visit dan bilang gue udah bisa pulang, berkat HRD kantor yang baik hati gue dan Kai keluar dari RS tanpa meninggalkan sekeping rupiah.

Alhamdulillah.



⚭ ⚭⚭ ⚭ ⚭⚭ ⚭ ⚭⚭ ⚭ ⚭⚭ ⚭ ⚭⚭ ⚭ ⚭⚭ ⚭
Terima kasih atas semua doa yang dilambungkan, dukungan orang tua dan suami dan adik besar, mih pih yang selalu ada, teman teman juga para bidan yang membantu persalinan.

Kepada Sang Pencipta, Pemilik, Pengatur, Penguasa langit dan bumi. Alhamdulillah Engkau beri wanita mungil ini kesempatan yang selalu ia jerit di setiap doa. Semoga setelah ini, aku dan suami bisa mengemban amanahMu, menjadikan Kai anak yang sholeh yang selalu berjalan di jalanMu. Menjadikannya poros bahagia di manapun ia berada. Aamiin Aamiin Aaamiin Ya Rabbal'Alamin.
⚭ ⚭⚭ ⚭ ⚭⚭ ⚭ ⚭⚭ ⚭ ⚭⚭ ⚭ ⚭⚭ ⚭ ⚭⚭ ⚭




Postscript: Tadinya gue mau bayar pribadi karena males plus gak sempet urus bpjs Kai eh mba Panca menawarkan diri, jadi gue tinggal kirim berkas via email 1x24 jam bpjs Kai langsung aktif 😊

You Might Also Like

0 komentar