Catatan Persalinan Awal

February 11, 2017




Jumat, Januari 27 2017
Setelah kemarin malam kontrol ke bidan dan curhat soal gue ngompol, bidan kasih deadline sabtu pagi. Kalo masih gak ada tanda tanda juga, sabtu pagi bakal dirujuk ke poli kandungan.

Postscript: Gue memutuskan pake bpjs buat lahiran karena sejak pertama kali punya—which is 2 tahun lalu—sampe sekarang gue belum pernah nyicip bpjs. Jadi sesuai aturan, gue pindah kontrol ke faskes tk 1 yang kebetulan adalah klinik bersalin di 2 minggu sebelum HPL.

Hari ini kira kira setengah 6 pagi gue ngerasa ada dua cret di panties. Gue teriak teriak bangunin suami. Pas gue cek ada noda merahnya juga. Tenang. Jangan panik. Cret cret lagi. Masih ada noda merah dikit. Itu kayak bukan pipis tapi agak lendir gitu dan gue belum merasakan kontraksi. Karena takut ketuban yang bocor, kami berangkatlah ke bidan. Bidan bilang bukan air ketuban kok, tapi ya itu darah lahir, denyut jantung bayinya juga masih bagus. Alhamdulillah.

Setelah dicek dalam—yang mana selama hamil ini kali pertama dan ternyata rasanya gak terlalu sakit—bidan bilang bukaan 1. Alhamdulillah. Jalan masih panjang. Tapi bisa juga cepet kalo kontraksinya ngebut. Hihihi. Kami balik ke rumah setelah beli bubur dan kue pukis, gue semangat keliling rumah lagi.

Bismillah, bantu ibu ya nak biar bisa melahirkan kamu normal. Semoga kontraksi gue ngebut biar cepet melahirkan. Hehehe. Aamiin aamiin.

Sabtu, Januari 28 2017
Setelah berita bukaan 1 itu gue gak ngerasain kontraksi yang intens, itu aja gue gak tau kapan kontraksinya tau tau udah bukaan 1. Gue udah banyak googling dan menimbang kalo kalo dokter nawarin induksi atau sesar, secara udah lewat HPL 2 hari. Pasrah aja.

Subuh ini lagi lagi gue merasa ngompol, tapi gue abaikan sampai panties berasa basah banget. Ternyata itu darah lumayan banyak, karena yang kemarin aja flek, ya gue gak bangunin suami. Gue bersihin dan memutuskan pakai pembalut, lucu juga setelah hampir 10 bulan gak pakai pembalut.

Ternyata suami gue udah bangun, gue cerita kalo fleknya lebih banyak dan encer dari kemarin, kalo kemarin coklat coklat sekarang udah darah banget kayak haid gitu. Beliau ngajak periksa pagi itu tapi gue bilang "Aku gak mules, nanti aja jam 8 sekalian kontrol yang deadline 2 hari itu"

Setelah jalan jalan bentar nunggu jam 8 kami berangkat ke klinik. Curhat sama bidan yang beda lagi, dan bilang ya udah nanti dirujuk ke rumah sakit buat USG.

Nunggu 10 menit buat surat rujukan eh dikasih tau bidan kalo poli kandungan di klinik itu tutup juga di rumah sakit yang mau dirujuk—ya kan hari ini lunar new year. 

Akhirnya diputuskan untuk VT atau cek dalam, ini yang kedua kali setelah kali pertama kemarin gak terlalu sakit. Ternyata beda orang beda rasa, kali ini rada ngilu ditambah darah yang berceceran. Eh tapi bidan bilang bukaan 2, dan yang rembes itu bukan air ketuban. Hihihi.

"Ada kemajuan nih, ditunggu aja sampai senin ya, kalo nanti perlu rujukan ya kita rujuk"

Baiklah, kami pulang, gue keliling rumah lagi demi mempercepat pembukaan. Meski gue masih gak tau kontraksi yang kayak gimana yang bikin gue jadi bukaan 2.

Hahaha.

Bismillah. Semangat ya Kai.

Sorenya punggung bawah dan sekelilingnya berasa panas perut juga jadi kenceng, terus ilang sakitnya, terus ada lagi. Nah pas gue cek pake contraction timer frekuensinya itu rata rata 10 menit sekali. Sakitnya sih masih bisa gue tahan, ada kali 3 jam gue observasi. Ke bidan gak ya? tadinya mau besok pagi aja tapi ya sudahlah kami berangkat juga jam 9 malam. Setelah VT ternyata masih bukaan 2, pas kebetulan gue lagi ngerasain keram itu pas lagi ada bidan, jadi dicek sekalian sama si bidan. Dia bilang masih 30 detik durasinya. Terus gue tanya aja "Kontraksinya bener yang begitu bu?" Iya katanya.

Dia tanya mau pulang atau di sini aja, gue pilih pulang, nanti aja stay di klinik kalo bukaan 5 atau 6. Terus gue tanya lagi "Kapan saya harus balik?" Dia bilang kalo udah 5 menit sekali dan sakitnya gak bisa ditahan.

Hoke. Bismillah.

Minggu, Januari 29 2017
Semaleman tidur gue agak kurang pules, selain karena posisi tidur yang miring ke kiri sepanjang malam, keram itu masih datang sesekali. Antara sadar gak sadar gue ngitung pake contraction timer, kira kira jam 3 kayaknya gue mulai pules. Kebangun jam 5 ngajak suami jalan tapi beliau kurang enak badan jadilah gue lanjut tidur lagi karena sekujur badan juga lemes sakit sakit.


Tapi semalem itu gue mimpiin Kai, mukanya mirip gue, ginjut, gue lagi pakein dia minyak kayu putih aneh juga kenapa gak gue pakein minyak telon. Anaknya manis ganteng. Hihihi.

Paginya gue menyemangati diri untuk jalan pelan pelan, sesekali keram datang tapi ya udah gue belum itung lagi pake contraction timer. Nanti aja kalo keramnya sakit dan deket deket.

Btw, orang orang udah mulai nanyain gue udah lahiran belum. Tau sih mereka tuh peduli, tapi terganggu juga ditanyain gitu. Bikin makin gelisah aja. Huft.

You Might Also Like

0 komentar