Catatan Persalinan Tengah

February 16, 2017

Minggu, Januari 29 2017
Bada ashar gue ngajak suami makan bakso yang isinya daging pedes, balik dari makan bakso gue maksa turun agak jauh dari rumah biar sekalian jalan sore, karena tega gak tega suami nurunin gue kira kira di jarak 10 menit kalo jalan normal.

Pas adzan maghrib kok gue ngerasa keram kayak lagi haid gitu ditambah kondisi gue yang sedang pake pembalut tambah yakinlah kalo ini keram haid, akhirnya gue tiduran miring kiri beberapa menit. Tau tau panties basah padahal gue gak kepengen pipis. Duh air ketuban tuh ya?

Setelah suami shalat maghrib kami berangkat ke klinik yang jaraknya 15 menit, selama perjalanan kontraksi itu datengnya makin kuat dan timbul tenggelam, gue udah gak ngitung lagi tiap berapa menit sekali.

Sampai di klinik masuk ruang bersalin dan VT ternyata masih bukaan 2. Hah gila. Kontraksi udah sakit begini bukaan gak nambah nambah? Ditambah ketuban rembes pula?!

Akhirnya gue tiduran miring kiri di ruang bersalin ditemenin suami, dengan kondisi darah bersalin dan air ketuban di mana mana. Gue gak berhenti pegang dan remes remes tangan suami kalo kontraksi dateng. Rasanya sakit.


Dari setengah 7 malem sampai jam 8 gue merasa kontraksi gue mulai deket deket, malah kayaknya habis kontraksi langsung kontraksi lagi. Bidan dateng dan VT ternyata masih bukaan 2. Doh.

"Ini ditunggu sampai jam 9 ya, kalo gak naik bukaan kita rujuk ke RS aja, karena KPD—ketuban pecah dini"

Terserah.

Gue udah gak fokus sama segala hal yang dibicarakan. Gue sibuk menguatkan diri waktu kontraksi datang.

Demi Kai. Demi Kai. Demi Kai.

Kira kira jam 9 kontraksi yang tadinya kayak keram haid tapi sakitnya berkali kali lipat tiba tiba ditambah keinginan mengejan. Duh. Kudunya kalo udah tambah pengen ngejan gini bukaan udah naik dong ya?

Gue suruh suami panggil bidan. VT. Masih bukaan 2. Ya Allah. Ini rasanya udah pengen ngejan banget masa baru bukaan 2?!!!

Mama yang ikut panik liat gue begitu, memaksa bidan buat bikin surat rujukan. Akhirnya gue dibawa pake ambulan ke RS yang jaraknya cuma 5 menit.

Dengan kontraksi yang makin menjadi gue masuk ruang UGD. Itu kira kira 9.30 malam. Setelah Bidan VT dia tanya "Ini kalo bisa normal normal aja ya?"

"Gimana baiknya aja"

Si bidan pergi terus samar samar gue denger dia ngomong, "Udah mau bukaan lengkap, 7 8 dok"

What!!

Serius gue udah bukaan 7 8?

Gak lama bidan balik lagi ke gue terus bilang, "Ini ditunggu bukaan lengkap aja ya?"

"Emang udah bukaan berapa sus?" Tanya suami

"5 6"

Heh?!

Tau tau udah bukaan 5 6? Padahal tadi di klinik masih bukaan 2? Kan jarak klinik-RS cuma 5 menit. Ah gak beres nih.

Habis pergumulan administrasi yang kata suami rada ribetdasarnya emang suami kurang suka kalo disuruh ngurus ngurus begituangue dibawa ke ruang bersalin.

Kontraksi makin menjadi, gue udah dipasang infus dan oksigen. Yang gue inget selama jam jam menegangkan itu cuma shalawat dan tarik napas buang napas juga berusaha supaya gak ngejan. Dua kaki gue sampe menggigil entah karena apa. 

"Bu jangan ngejan dulu" kata bidan

Dia gak tau aja gue lagi susah payah nahan. Makin malem gue makin gak bisa tahan sama sakitnya, rasanya kayak, gak tau deh. Gak ada kata yang tepat buat menjelaskan apa yang sebenernya gue rasa.

Gak tau jam berapa, bidan VT lagi terus bilang "Ini tinggal bukaan atas aja nih"

Gue liat dua bidan mulai pake apron plastik dan sarung tangan. Wah udah deket waktunya nih. Dan begitulah usaha keras gue melahirkan seorang pria, bidan bantu dorong karena teknik ngejan gue yang payah. Setelah beberapa kali ngejan, setelah beberapa kali tarikan nafas, dari yang tadinya si bidan sabar sampe marah marah "Sekarang harus keluar loh ya! Mules gak mules!"


Oke. Bismillah.

Gue merasa ada yang keluar dari jalan lahir, gue liat bagian belakang kepala penuh rambut dan punggung dan bokong dan paha dan kaki dan denger tangisan bayi yang kayaknya habis minum banyak air. Tengah malam. Hampir.

Alhamdulillah.

Kai langsung dikasih oksigen karena hidung dan mulutnya biru. Rasanya langsung lupa kalo tadi habis sakit sakit.

Bidan mulai menjahit bagian yang kayaknya lebar banget. Gue gak berani tanya berapa jaitan. Biarin aja ah.

Jadi waktu kontrol 8 bulan Kai kelilit tali pusat sekali dan kenceng di leher, pas 2 minggu sebelum HPL lilitan itu masih ada, pertimbangan itulah yang bikin gue minta dirujuk, takutnya Kai gak bisa keluar karena ketahan atau gimana.

Pas gue tanya bidan "Kelilit tali pusat berapa kali sus?"

"Gak kelilit kok"

Wah anak pintar, ndak sia sia selama dikandungan ayah ibuna selalu minta Kai ngelepasin lilitan😊




You Might Also Like

0 komentar