Menu MPASI Perdana

November 13, 2017

 




Setelah 6 bulan berbagi makanan lewat ASI, gue yakin Kai gak ada alergi. Lagian ayah ibunya juga gak ada alergi makanan atau susu sapi jadi kemungkinan Kai punya alergi cuma sedikit. Gue pernah makan udang, kepiting, cumi, kerang, segala susu sapi dan kacang kacangan juga cokelat dan keju. Kai? Aman. Jadi untuk awal mula makan gue gak menganut paham 3 days atau 4 days rules dimana dalam 3-4 hari bayi dikasih satu jenis makanan yang sama untuk melihat reaksi alerginya. Tapi gue menganut paham tidak ada penambahan gula dan garam sampai anak berusia 1 tahun.


Gue bikin puree untuk dua kali makan dengan porsi 2-3 sendok makan orang dewasa. Dari tabel menu keliatan kalo dalam dua minggu pertama MPASI, Kai poop cuma 4 kali, padahal sebelumnya dia poop tiap hari. Jeng jeng.
 
Gue evaluasi makanan yang gue kasih, mungkin terlalu banyak serat atau malah kurang serat. Setelah doping dengan makanan anti sembelit dan pijat ILU kai poop lagi walau agak keras dan kadang hitam. Ternyata wajar kalau di awal MPASI bayi suka sembelit, jika bukan karena reaksi alergi berarti pencernaannya sedang masa penyesuaian. Bisa jadi sembelit karena gizi yang kurang seimbang, ada serat tapi kurang lemak endebre endebre makanya setelah dua minggu pertama selesai gue langsung bikinin Kai menu 4 bintang, dimana ada karbo, protein, sayur dan lemak. Alhamdulillah setelah itu Kai poop tiap hari, kadang sekali kadang malah tiga kali dan teksturnya bagus. Yesh!
Berikut daftar makanan yang udah Kai cobain sampai usianya 8+
Buah :
Pepaya, mangga, pisang, jambu (ini gak ada maksud nyanyi loh) biji (lah bijinya ketinggalan), pir xiang lie, apel fuji, anggur merah (yang slalu memabukkan diriku kuanggap), kelengkeng, melon, semangka, buah naga merah, jeruk baby, alpukat.
Sayur :
Brokoli, labu siam, labu kuning, wortel, tomat, bayam merah, sawi putih, pokcoy, zucchini, kacang panjang, jagung, kentang, ubi ungu, buncis.
Kacang :
Edamame, kacang merah, tofu, tempe
Ikan & Daging :
Kembung, nila, salmon, tuna, daging sapi, hati ayam, ceker (kaldu)
Kai penyuka daging sapi garis keras, persis kayak ibunya. Dia gak terlalu suka ikan, mungkin akan lebih sering gue biasakan. Semua jenis buah dia suka, pokoknya disuapin buah apa pasti mangap lah. Sayur yang dia benci banget itu bayam merah, mungkin karena bau menyengat padahal zat besinya banyak banget huhu.
Sampai usianya 8 bulan Kai masih makan bubur saring, nah udah beberapa hari ini udah gak disaring lagi, jadi protein sama sayur diiris kecil kecil tapi nasi masih dibikin bubur gitu. Alhamdulillah anaknya mangap. Hahaha. Porsinya juga ditambah jadi 4-6 sendok makan orang dewasa, waktu makannya jadi 3 kali tapi tetep makan buah dan camilan di waktu kosong.
Mood makan Kai sewajarnya anak pada umumnya, naik turun. Kalo lagi begitu kadang gue siasati dengan banyak makan buah atau ASI atau camilan. Ngomong ngomong camilan, gue pernah kasih Kai Yummy Bites segala varian, Promina Puffs blueberry dan pisang terus yang baru baru ini Kai coba ada Gerber lil Crunchies yang mild cheddar. Semua dia suka. Luar biasa. Kenapa gue gak kasih jenis biskuit karena gak kepikiran, eh pas waktu mudik ke Malang itu sepupunya kasih biskuit Milna dan ternyata udahannya lengket lengket belepotan gitu, ibuk gak kuat!! Hahaha. Sebagai panduan, gue tetep pilih yang less sugar dan lumer di mulut.

You Might Also Like

0 komentar