Bepergian Dengan Bayi

December 21, 2017

Ibu baru suruh bawa anak pergi jauh, gugup gak sih?
 
 
Pengalaman pertama gue bawa Kai pergi jauh yang jauh banget itu waktu mudik ke Malang, umurnya 8 bulan, udah mulai makan dan gak bisa diam perjalanan 16 jam dengan kereta ekonomi. Dang!
 

Nantangin banget kan? Ha ha ha

 
Bisa lah bisa, tips pertama *halah pake tips* ambil jadwal mendekati waktu anak tidur, pilih seat dekat bordes yang jauh dari lokomotif. Kalau bisa sih jangan pergi pas high season biar gak sumpek.


 
Tips kedua untuk packing, buat daftar barang bawaan supaya gak ada yang ketinggalan. Buat daftar baju apa aja yang mau dipakai dalam satu hari terus gulung rapi masukin kantong ziplock, sekalian sama diapers lebih enak jadi gak perlu lagi ngacak ngacak koper buat cari baju. Bawa 2in1 hair & body wash travel pack, minyak telon botol kecil, lucas papaw junjunganku, tisu kering dan basah di tas kecil supaya gampang diambil. Gue bawa mainan juga tapi gak kepake karena Kai lebih senang observasi sekitarnya. Obat obatan kayak breathy, parasetamol, betadine juga perlu.
 
Tips ketiga untuk bayi MPASI, *mikir lama dulu* Waktu berangkat Kai harus makan sore di kereta jadi bekalnya gue masukin lunch box biar tetap hangat. Ibu ibu mpasi idealis kudu punya yang begini, ada zojirushi yang bagus dan mahal, gue cukup merk tiger aja hasil pemberian *menang banyak*
 
Karena waktu itu masih makan bubur saring, gue bawa saringan kawat juga biar aman, panci mah minjem aja lah. Oh sabun cuci botol penting buat cuci alat makan, bawa di botol kecil aja. Cemilan jangan dilupakan, udah gitu gak usah bawa frozen food dari rumah kalo masih bisa belanja ke pasar. Menyusahkan. Jaga jaga beli bubur instan siapa tahu anaknya susah makan. Kai waktu di Malang nafsu makannya luar biasa, ibu senang!
 
Tips keempat, kalo perlu bawa stroller, bawa! Kalo nyusahin gak usah *ya iyalah* Gue bawa baby carrier—dan nursing cover—aja karena di sana gak berencana kemana mana, lumayan suami mau gantian gendong. Ini juga yang bikin gue jatuh cinta sama I-Angel, awalnya sewa pas balik dari Malang jadi punya ha ha ha Alhamdulillah.
 
Dah kayaknya itu aja tips ala ala, catatan penting dari gue cuma satu utamakan kenyamanan ibu dan bayi. Mau jalan jalan jangan malah repot sendiri dong kamu, yang ringkas aja.

Happy Holidaaaay!
 
Tunggu tunggu, terus Kai gimana selama di perjalanan? Alhamdulillah aman, setelah makan sore Kai tidur sampai subuh pas bangun jalan jalan di gerbong sebentar terus sampai deh, gak yang rewel gimana gimana sih. Laf deh pokoknya.

You Might Also Like

0 komentar