Khitan Kai

February 19, 2020

Tiap tahun pusing mikirin kado apa, tahun ketiga kami memutuskan sunat Kai aja LOL. Sebenernya sih saya udah pengen Kai sunat dari dua tahun, tapi waktu itu appa belum approve, begitu tau Arfa sunat pas 2,5 tahun langsung deh pengen daftar juga.

Saya sounding sejak 5 bulan lalu, saya jelasin apa itu sunat, gimana prosesnya dan reward kalo dia mau disunat.

+ Kai nanti sunat ya pas tiga tahun, tititnya digunting sedikit supaya sehat. Habis itu kita beli mainan yang Kai suka

— Iya aku mau disunat

Gampanglah sounding mah, melekat jadi rencana ulang tahun dia akan disunat. Tiap ditanya eyang atau orang lain dia selalu bisa jelasin apa itu sunat. Kalo ditanya berani gak? Pasti dengan mantap jawab "Berani dong!"

Hal yang jadi kekhawatiran saya adalah, proses sunat dan perawatan pasca sunat. Selama ini hidup dengan sounding dan tidak memaksa, ketika sunat semua porak poranda.

Hari H — 8 Februari 2020

Tentu saja bawa rombongan buat tim hore wkwk. Kami dapat jadwal jam 10.30 tapi telat karena macet jadi jam 11.00 baru sampai. Kai langsung ke playground sementara saya urus administrasi.


Gak lama Kai dipanggil untuk foto dulu, anaknya masih cerah ceria lah. Sampai dipanggil untuk tindakan pun dia masih sanggup dadah dadah.

Sampai di kamar dikasih ipad, kenalan sama dokter terus dipuji "Giginya bagus ya!" Dia langsung nyengir sumringah sebelum akhirnya meledak tangis kena bius semprot tiga kali. Karena bujuk rayu tentu tidak didengar ketika marah maka saya bilang dokter "Ayo dok" sambil pegangin kakinya.

Rasanya pengen saya bius total aja. Hh.
•••

Turun ke bawah dia masih bisa main seluncur satu kali dan jalan sendiri ke mobil. Di mobil keliatan kesel karena ngantuk laper dan trauma sakit tapi masih kalem. Begitu deket rumah baru nangis bilang "Sakit ibu perih!" yak efek biusnya udah hilang.

Setengah harian merengek nangis doang dan gak mau pake celana sunat, pas saya tanya kenapa dia jawab "Nanti robotnya (tabung klem) hilang" Iya oke baik.

Udah agak sore akhirnya pipis pertama, masih kalem pas dibilas tapi begitu disemprot air steril dia menjerit, saya lanjut tetesin obat, keringin tabungnya pake cotton bud habis itu saya peluk dan minta maaf karena bikin dia takut.

Tapi tetep saya ulang tiap pipis karena ya biar cepet sembuh lah.

Anaknya agak sumeng, beberapa kali ngigo, bahkan sambil nangis bilang "Ibu aku gak kuat" Apa iya sakit banget nih?

Appa sampe bilang ke saya "Aku merasa berdosa" saking dia gak tega liat Kai kesakitan LOL.

Hari Pertama — 9 Februari 2020

Setelah nginep di rumah orang tua saya, kami pulang ke rumah besok paginya. Kami bebenah terus ketiduran dengan keadaan laper habis itu pesen hokben. Kai cuma rebahan dan main game aja, blas gak mau jalan ke kamar mandi untuk pipis karena dia takut disteril walau akhirnya mau pake sarung.

Mananya yang katanya bisa aktifitas?

Malemnya Arfa dateng, saya tanya ke Riri kok Kai gak ada kalem kalemnya nih, boro boro lari, duduk aja kayak ogah. Atas saran Riri, saya pakein Kai celana dalam biasa, surprisingly dia mau duduk, main sama Arfa bahkan saya liat dia nendang bola kenceng banget. Wah geela.

Jadi simpulan dia sakit itu gak bener bener sakit, dia trauma aja liat penisnya diobrak abrik. Well saya maklum sih, kadang rasa takut begitu mengerikan.

Hari Kedua — 10 Februari 2020

Saya balik kerja appa balik kerja, adik saya laporan Kai tetep gak mau bilang ketika pipis dan nangis waktu disteril. Bahkan dia sampai bilang "Jangan om, nanti aku marah!" LOL iyalah ibu juga marah kalo kamu gak mau dikasih obat.

Hari Ketiga — 11 Februari 2020

Masih agak drama tiap pipis tapi udah lumayan kalem, cuma pesen "Pelan pelan ibu!" walau masih nangis juga. Hari ini saya mulai sounding kalau kamis akan balik ke dokter untuk lepas tabung, saya jelasin harus berendam dulu, jam berapa berangkat dan sama siapa.

Hari Keempat — 12 Februari 2020

Aktivitas biasa lancar, udah bisa tidur tengkurep meski pipis masih drama.

Hari Kelima — 13 Februari 2020

Peer hari ini banyak banget soalnya jam 11 janjian sama dokter untuk kontrol dan lepas tabung. Peer pertama ngajak Kai berendam di air hangat, awalnya nolak karena takut sakit tapi setelah dirayu pake bubble dan akting lebay sang ibu akhirnya berhasil berendam 45 menit. Peer kedua masukin obat pereda nyeri lewat anus, ini bagian eyang kakung aja. Peer ketiga ngajak dia balik ke rumah sunat LOL, selama di mobil anaknya tidur, begitu sampai dan turun dia langsung jerit jerit.

Saya masuk duluan untuk daftar, gak sampai 5 menit Kai juga ikut masuk, dia langsung main di playground sebentar terus dipanggil naik.

Anaknya langsung freeze aja dong!

Karena diajak ngomong gak mempan, akhirnya digendong ke kamar, di sana penisnya dikasih baby oil terus ditinggal 5 menit habis itu digunting tabungnya untuk dilepas. Kai teriak sambil melototin dokternya "Sakit!" Prosesnya gak sampai 5 menit, dokter bilang hasilnya bagus terus diajarin kompres penis pake kasa yang udah ditetes obat merah, jangan terlalu sering kena air supaya lukanya cepet kering terus disuruh pulang. Fiuh saya lega.

Peer kasih obat merah gak sedrama waktu kasih air steril dan obat tetes karena emang udah gak terlalu sakit, bahkan anaknya udah bisa aktivitas kayak biasa lagi.

Alhamdulillah semua lancar :)

PS. I never thought it would be this hard

You Might Also Like

0 komentar