Cerita Persalinan Kedua

May 04, 2021

Kehamilan kedua ini saya rutin usg di bidan, menurut hpht hpl 26 april, menurut usg hpl 30 april, okelah. Bulan pertama kedua gak ada masalah, bulan ketiga atau keempat saya lupa, hpl mundur jauh jadi 12 mei, otomatis usia janin menurut usg jadi mundur juga. Saya khawatir karena dokter bilang janin kecil jadi harus kejar nutrisi. Meski begitu dokter gak ngeresepin obat apa apa, cuma suruh saya makan lebih banyak. Bulan bulan berikutnya hpl terus mundur mundur walau cuma 4-6 hari, usia janin yang harusnya tiap bulan nambah jadi terus defisit. Saya resah.

Rabu, 21 April 2021
Project appa di Solo udah kelar dari jumat lalu, jadi 4 hari belakangan saya semangat masak untuk balikin nutrisi beliau. Tapi bangun tidur hari ini perut terasa sekenceng kencengnya, karena dipikir kecapean akhirnya saya tidur aja seharian, tapi kalo diperhatiin kok kencengnya muncul ilang tiap beberapa jam nih, saya gak curiga banget sih jadi ya lanjut istirahat aja.

Kamis, 22 April 2021
Bangun tidur feel much better terus ke minimarket beli roti tawar untuk sarapan, pas ke kamar mandi lah kok ada setetes darah di panties. Saya wasap hrd minta form cuti, seharian itu saya nyiapin file handover lengkap sama panduan biar gak nyusahin, kayaknya bakal cuti mendadak karena tadinya mau cuti tanggal 7 mei.

Sorenya kami ketemu dokter padahal niat kontrol masih 2 minggu lagi, untung pas beliau ada jadwal. Sambil nunggu antrian saya baru yakin kalo udah mulai kontraksi tipis tipis. Setelah giliran periksa ucapan dokter malah bikin saya gemeter, Ibu ini bayinya kecil saya takut dia kelaparan, nanti bisa mati mendadak loh, mending dikeluarin aja deh bu.

Saya bengong sejadi jadinya. Dokter melanjutkan, Ibu pantau gerakan janin, kalo masih aktif tunggu sampai 26 april ya, kalo gak keluar juga mending sesar aja.

Oke dok. Saya cuma bilang gitu dan keluar sama appa dengan perasaan campur aduk terus cerita ke orang tua sambil sesenggukan, bukan karena harus sesar tapi menyesali kenapa bayiku tidak besar.

Saya yakin appa juga sedih tapi beliau gak nunjukin malah menguatkan saya, Kita udah nyusahin dia di dalem jangan sampe di luar dia kesusahan juga, ya udah ayok sesar aja.

Jumat, 23 April 2021
Jam 12 malam kontraksinya makin pedih, tapi flek gak tambah banyak, masih hitam pekat dan kental. Jam setengah 3 bangunin appa minta bikinin roti cokelat sama susu karena laper banget, beliau jadi sekalian saur. Rencana habis subuh cek ke bidan eh kok kontraksinya makin perih aja nih. Mumpung masih bisa jalan berangkatlah kita ke bidan. Sampe bidan jam setengah 4, cek dalam yang ashdjekldf rasanya karena lebih menyiksa dari yang udah udah, ternyata bukaan 2. Gak boleh pulang sama bidan jadi ya udah masuk kamar.

Ayo dik! Ketemu hari ini aja. Saya bilang.

Paginya masih bisa jalan ringan di kamar, sarapan masih nafsu malah kayaknya laper melulu, kira kira habis makan siang kontraksi berasa naik level, akhirnya pindah ke kamar bersalin untuk cek bukaan sama bidan yang beda dengan rasa ngilu yang sama aja nyiksanya. Setengah 2 siang bukaan 3. Jam 4 diperiksa lagi udah bukaan 4 tapi ketuban belum pecah. Akhirnya disuruh balik ke kamar aja biar gak stres. Karena udah tau triknya tiap kontraksi datang saya tarik dan buang napas panjang sementara appa atau eyang mijetin punggung belakang, dengan cara ini saya bertahan.

Setengah 6 sore, kontraksi mulai pelan dan panjang, balik lagi ke kamar bersalin dicek bukaan udah 7, saya denger ketuban pecah karena ditusuk bidan. Mulai dari situ rasanya udah gak karuan, pengen banget mengejan. Begitu bidan mulai bilang yuk terlentang, saya langsung mengejan sekuat kuatnya, dua kali dan saya bener bener ngerasain seorang bayi dari jalan lahir dengan kondisi 100% sadar.

18.50 wib
Tangisan seorang bayi perempuan

Selamat datang Sairana, dua kali mimpi yang jadi nyata. Gadis bahagia.


Sembari IMD saya dapet dua jahitan, ngilu banget karena gak dibius. Habis itu bayi ditimbang dan beratnya 2,470 kg. Saya cemas tapi bidan bilang gapapa kok, sehat, kan anaknya udah nangis. Saya tenang.

Malamnya sekamar sama bayi, berdua appa begadang, ngurus popok dan bantu saya pemulihan. Belajar dari pengalaman pertama, kali ini saya cuma berbaring selama 6 jam sebelum akhirnya duduk, berdiri dan baru ke kamar mandi. Somehow saya merasa lebih fit dan minim trauma.

Besok siangnya pulang dari bidan langsung ke rumah sendiri, eyang datang pagi dan sore buat nganter makanan dan mandiin adik aja. Appa handle cucian kotor yang gak pernah berhenti dan kerjaan rumah lain. Sementara saya fokus ngurus adik dan kakaknya.

Oh, jadi begini rasanya...

You Might Also Like

0 komentar