Bagaimana Rasanya Hamil?

January 18, 2017





Menyenangkan... Menyakitkan... Menegangkan...

Rasanya campur aduklah pokoknya. Gue inget banget waktu itu hari sabtu, pulangnya gue dari rumah mih sekalian beli test pack untuk pertama kali. Usia pernikahan gue kurang lebih 2 bulan dan gue udah telat haid 4 hari. Kondisi badan gue menjelang waktu waktu yang harusnya haid bener bener gak enak, kalo pulang kerja pasti mual dan lebih capek. Liat makanan kok kayaknya gak nafsu. Dan kondisi ini udah terjadi di bulan pertama setelah gue menikah, waktu itu suami bilang mungkin gastritis gue kambuh maka berangkatlah gue ke dokter, emang sih setelah itu gue sembuh tapi haid gue lebih cepet dua hari dari tanggal seharusnya. Bulan berikutnya gejala itu datang lagi dan gue memutuskan beli test pack walau banyak orang bilang nanti aja tunggu telat seminggu. 

Gue gak ngerti gimana cara pake test pack, apalagi suami gue. Pas gue baca petunjuknya, test harus dilakukan di pagi hari di air seni pertama supaya lebih efektif atau di jeda 2 jam setelah buang air kecil terakhir. Tapi gue baru aja buang air kecil setengah jam yang lalu dan gue gak sabar nunggu besok pagi. Jadilah gue pake test pack saat itu juga. Gak lama setelah gue celup test pack ke air seni, muncul dua garis merah yang pekat. Kalo menurut petunjuk sih artinya positif.

Oh positif.

P o s i t i f ?!!

Gue teriak teriak dari dalam kamar mandi sambil nangis. Suami gue senyum senyum gak percaya. Sama dong, gue juga.

Besoknya gue ketemu obgyn untuk memastikan kehamilan gue. Alhamdulillah ada kantung janin di layar USG. Rasanya luar biasa diberi amanah bakal punya anak dari rahim sendiri. Rasanya luar biasa tiap ngebayangin bakal jadi ibu di kemudian hari. Rasanya senang senang senang. Tapi ya begitu, setiap hal baik mesti diperjuangkan, mesti ada pengorbanan, mesti ada hal hal yang harus diikhlaskan.

Sulitnya di trimester awal, jarak kantor dan rumah yang lumayan jauh bikin gue rada males kerja, ditambah lagi drama mual muntah dan susah makan, tiga bulan pertama kehamilan bikin gue agak lemah dan berat badan gak naik terlalu banyak. Alhamdulillah adek sehat.

Di ujung kehamilan yang tiga bulan itu gue juga ngetrip ke Purwokerto dan Kuningan buat acara ngunduh mantu. Perjalanan yang panjang dan melelahkan malah jadi titik balik nafsu makan gue. Sekembalinya ke rumah mual muntah berkurang dan gue bisa menelan beberapa makanan dengan normal.

Memasuki trimester kedua, perut gue mulai buncit dan perlahan berat badan gue naik. Mulai ada gerakan dari dalam perut yang rasanya geli geli aneh. Tidur gue mulai terganggu dan sakit di punggung jadi keluhan setiap malam. Di trimester akhir gerakan adek makin menjadi. Gak jarang gue cari pegangan buat nahan ngilu.

Ya Allah sebentar lagi gue jadi ibu 💕


Lantas apa yang harus diikhlaskan dari anugerah luar biasa Sang Pencipta ini?

Kebiasaan gue makan makanan yang selama hamil tidak gue lakukan.

Gue sama sekali gak minum soda karena tanpa itu perut gue sudah merasa kembung, walau di trimester awal kayaknya segelas es batu pake sprite atau cola entah gimana menggugah selera.

Gue merelakan diri gak sarapan pake telor setengah matang, makan steak medium well, sashimi dan sushi. Pernah waktu gue ulang tahun, suami beliin sushi pake topping matang kayak keju, sosis, ayam yang rasanya indonesia banget dan aman buat ibu hamil. Tapi lidah gue menolak. I don’t like it. I prefer sushi mentah atau gak makan sushi sama sekali.


Durian? Hah, ini juga jadi semacam ujian.

Oh satu lagi, kopi.

Walaupun bukan coffee addict ada kalanya gue merindukan secangkir kopi di pagi atau sore hari, gue menghindari kafein yang satu ini karena gue gak bisa menghindari teh yang juga ada kandungan kafeinnya. Jadi ya, salah satu dari mereka harus ada yang ngalah kan?

By the way, masih kepengen nasi kari nih 😣

You Might Also Like

0 komentar