Serba Serbi ASIP

June 25, 2017




Karena berniat ASIX walau ditinggal kerja, mempelajari segala hal tentang ASIP itu wajib hukumnya. Tulisan ini dibuat berdasarkan pemahaman, pengalaman dan keyakinan gue tentang ASIP, semoga bermanfaat 😊

Apa Itu ASIP
ASIP atau ASI Perah adalah asi dari hasil perahan—ya iyalah menurut lo?—ASIP yang paling baik adalah yang baru diperah, setelah itu ASIP dari chiller dan terakhir ASIP beku. Semakin lama ASIP disimpan semakin sedikit kandungan nutrisinya, semakin baik media penyimpanan semakin lama ASIP bisa bertahan *kemudian nyanyi lagu Rio Febrian*
Pompa ASI
Memerah bisa dengan tangan, katanya sih ini cara paling baik walau dengan tingkat kerepotan nomor wahid. Jujur aja gue belum belajar dan tidak berniat *ketawa males* toh ada pompa manual dan elektrik yang lebih praktis *ketawa males lebih keras*
Saran gue untuk kalian yang belum tau mau pakai pompa jenis manual atau elektrik, kenali dulu kebutuhan kalian beli pompa asi. Pompa manual gak perlu khawatir gak ada colokan atau kehabisan batrei tapi kalian kudu rela pegel perah kiri kanan berjam jam. Pompa elektrik di jaman ini juga beragam, banyak yang rechargeable, pakai batrei sampai power bank, ada yang ukurannya segede rice cooker ada juga yang portable, tergantung kalian mau pakai dimana dan kemana. Soal merk dan harga juga gak kalah bikin pusing, makin bermerk makin ada harganya. Tapi percayalah pompa ASI itu cocok cocokan, jangan ngoyo beli yang di luar kemampuan apalagi sekarang banyak jasa sewa pompa jadi kalian bisa cobain dulu mana yang kalian rasa cocok. Kalo gue pribadi sih belum pernah coba, gak berani juga walau udah cuci steril *ketawa ngeri*
Jadi gue pakai yang mana?
Gue pakai pompa manual merk IQ Baby, waktu itu beli di baby shop sebuah mall seharga 250.000—ini terlalu mahal, tambahin dikit lagi bisa dapet Pigeon dikit lagi bisa jadi Avent, lah?
Awal awal pakai pompa manual pergelangan tangan keram kesemutan, seiring waktu berjalan ya sudah baal *ketawa menang* susahnya pakai pompa manual itu ritme pompa harus dijaga kestabilannya. Part yang bisa dan harus dicuci steril juga lebih banyak.
Merasa penasaran dan percaya diri bakal cocok dengan pompa elektrik sejuta ibu Spectra 9+ gue memutuskan pindah haluan, waktu itu beli di Audrey Baby & Kids Revo Town seharga 1.66x.xxx saja—ini baby shop recommended loh ya, barangnya banyak tempatnya lega harganya ramah, ibu cinta—kenapa gue pilih Spectra 9+? Udah dual pump, bisa switch manual, portable, bisa dicas dan ada layar penunjuk plus timernya. Laf.
Terus gimana? Enaaaaa😋 kalo ada kesempatan bikin review nanti gue tulis deh ya.
Media Simpan ASIP
Habis diperah ASInya taro mana? Belilah botol kaca atau kantong ASI. Buat kalian yang mau hemat plus repot dan punya banyak ruang bisa pilih botol kaca karena bisa dipakai berulang, buat kalian yang wangnya berlimpah mau praktis pilih kantong ASI yang sekali pakai buang gak perlu dicuci.
Sejak awal gue memutuskan beli kulkas dua pintu, sekalian punya baru sekalian dipakai buat ASIP jadi freezer udah steril dari segala marabahaya, nyimpen es batu masih boleh sih—ini gue ya.
ASIP di kulkas 1 pintu bertahan 1 bulan, dua pintu 3-6 bulan, freezer atau deep freezer bisa setahun. Lagi lagi kalian bisa sewa freezer atau beli aja terus disewain. Terserah.
Habis diperah ASI masukin dulu ke kulkas bawah (chiller) setelah agak dingin baru naikin ke freezer. Perubahan suhu yang drastis amat sangat tidak diperbolehkan.
Karena hasil sekali perah yang sedikit, demi hemat ruang dan botol gue menggabungkan hasil perahan sampai penuh—100ml atau 150ml tergantung kapasitas botol—jangan lupa untuk selalu memberi ruang di botol karena kalo kepenuhan tutupnya bisa lepas—ini untuk yang karet ya, ay tidak pakai yang ulir—biasanya ada batasnya kok.
Sebelum disimpan jangan lupa diberi tanggal, jam dan ukuran ASIP. Ini penting buat ngitung berapa banyak bayi minum dalam sehari dan menjaga supaya stok ASIP gak kadaluarsa. Gue beli label asi buat lucu lucuan then ganti label Tom & Jerry yang harganya lebih masuk akal *ketawa mak mak ngirit* pakai kertas yang digunting kecil plus solasi juga lebih enak waktu cuci botolnya.



Untuk botol kaca, banyak botol rekondisi dengan harga murah, yang baru dan mahal juga ada, terserah buibuk. Gue pilih botol baru dengan isi lebih banyak tapi murah—tetep ngirit kan?—merk Momogi isi 10 harganya 33.000 kalo kantong ASI pakai merk Momo isi 30 ukuran 180ml harganya 33.000 semua beli di Bukalapak.
Untuk freezer di kulkas dua pintu muat 50an botol kaca—ini gak termasuk yang dipintu ya—sisanya gue pakai kantong biar bisa disusun rapi di atas botol.
Cooler bag gimana? Merk sejuta ibu, Gabag. Gue beli di Bukalapak bonus 2 ice gel 175.000—ibu love Bukalapak.
Menyajikan ASIP
Udah diperah udah disimpen terus kasih ke anaknya gimana?
Ada banyak media kasih ASIP dari cup feeder, softcup feeder—ini mahal sih, medela 500ribuan—dan yang paling tidak disarankan botol dot.
Cup feeder cuma buat bayik di bulan pertama, bayi yang minumnya sekali 100ml cuma punya pilihan softcup feeder dan botol dot. Ibu ndak kuat beli softcup feeder berbiji biji jadi gue beli Tommee Tippee ukuran 150ml demi mengurangi bingung puting. Ternyata waktu itu Kai ndak bingung puting, dia hanya ingin menyusu dengan gaya lain *ketawa heran*
Tapi sekali lagi ya, botol dot juga cocok cocokan, so far Kai gak ada masalah dengan tomtip dan Alhamdulillah gak bingung puting. Dia tau kapan harus ke ibunya kapan ketemu dot *senyum sumringah* belinya di Bukalapak isi 2 160.000. Per tiga bulan gue ganti botol dan nipple yang baru kasian kan pakai nipple yang udah buluk.
Dua minggu sebelum cuti habis gue mulai training Kai minum pakai botol dari pagi sampai sore sekalian liat banyaknya dia minum. Begitu gue masuk kerja gak ada lagi tuh drama mogok minum karena Kai udah terbiasa.


Kalo ASIP seger mau langsung diminum biasanya langsung gue kasih, kalo dari chiller gue rendem dulu botolnya di air hangat biar gak dingin dingin banget, kalo dari freezer buat diminum besok pagi, malam atau sore hari sebelumnya gue turunin chiller biar cair sendiri, taro aja di bagian pintu biar cepet. Nah kalo kepepet harus cair saat itu juga bisa rendem ASIP beku di air biasa sampai cair, tapi cara ini gak baik dan jarang banget gue lakukan.
ASIP yang baru diperah di suhu ruang punya waktu 3-4 jam untuk dihabiskan, ASIP chiller yang bukan dari freezer setelah dihangatkan gue kasih waktu 1 jam untuk dihabiskan begitu juga dengan ASIP beku. ASIP beku yang udah cair harus dipakai dalam waktu 24 jam sejak ASIPnya cair semua.
Gue gak pernah simpen lagi ASIP yang udah dihangatkan atau diminum, kalo gak habis dan lewat batas waktu ya buang. Jadi triknya, hangatkan ASIP untuk satu kali minum saja.
Cuci Steril
Walau ada beragam alat steril di toko bayi, gue lebih memilih cara konvensional. Selain lebih hemat, gue gak mau anak gue terlalu steril, nanti susah kalo kemana mana. Jadi semua pompa asi dan botol gue cuci pakai Sleek Bottle terus disiram air panas selama 1-2 menit. Setelah kering simpan di wadah tertutup. Babay Upang 3 yutak.
Memerah Di Rumah
Jam perah gimana buibuk? Yang bagus itu 2-3 jam sekali karena makin cepat kosong makin cepat isi juga, kalo di rumah bisa kan ya colongan waktu gantian ma suami apalagi kalo di rumah ada ART asik banget itu. Waktu masih cuti gue ngoyo pumping 2-3 jam sekali tapi karena sekalian ngurus anak rumah dan suami ya sesempetnya aja. Paling bagus habis pakai pompa kan dicuci steril ya apalagi masih di rumah tapi demi menyingkat waktu gue simpen di wadah tertutup masukin kulkas, gue pakai paling lama 24 jam baru cuci steril. Misal dipakai dari pagi nah sore atau malamnya baru gue cuci. Aman gak? Alhamdulillah sejauh ini gak ada masalah.
Memerah Di Kantor
Ini nih ya yang jadi tujuan utama para ibu bekerja, memerah di kantor. Jeng jeng. Selama di kantor gue pumping 3 kali: pagi, setelah makan siang dan sebelum pulang. Tiap habis pumping pasti cuci steril karena tidak memungkinkan nyimpen alat pompa di kulkas. Jangan lupa simpen ice gel di freezer dan nitip ASIP di chiller ya.
LDR Ti Amo
Ini bukan Long Distance Relationship ya, tapi Let Down Reflex. LDR buat ibu menyusui adalah saat dimana ASI ngucur deras bukan netes satu satu. Semakin sering LDR semakin banyak ASI terkumpul tapi bikin LDR pada saat pumping tuh susah susah gampang loh. Pertama kondisi badan dan pikiran harus rileks, kedua lakukan hal hal yang menyenangkan. Biasanya gue sambil liatin foto atau video Kai, baca komik atau dengerin musik. Jangan pumping kalo lagi tertekan atau diburu buru itu malah bikin ASI gak keluar.
Booster ASI
Beberapa orang percaya booster ASI adalah hal yang sangat penting, sayangnya gue bukan salah satu dari mereka sampai gue berada di satu titik dan memutuskan untuk coba yang katanya booster ASI. Gue beli Moloco atas rekomendasi temen dan minum 3x sehari selama seminggu tapi gak ngaruh tuh, terus ganti Asifit yang ternyata ya biasa aja. Eh tapi sejak gue minum ini poop Kai jadi teratur, sehari poop sekali paling lama 2 hari sekali. Dulu dia pernah 8 hari baru poop, wajar sih karena anak ASI, tapi kalo bisa poop sehari sekali lebih bagus toh? Jadi sekarang gue masih konsumsi itu demi kepentingan ini—eh gimana?
Kalo tips dari atasan gue, coba cek darah terus liat apanya yang kurang, doi kurang zat besi jadi banyak makan bayam terus sekali pumping bisa 500ml—ini gimana gak bikin iri?
Tapi sama dengan yang lain, booster ASI juga cocok cocokan jadi selamat berjuang menemukan booster yang tepat.

dan...


"Yakinlah apapun yang sudah dan akan terjadi adalah hasil dari usaha sekeras kerasnya seorang ibu


Salam Semangat, 
       💋
       dhie

You Might Also Like

0 komentar