Serba Serbi ASIP—Extended

July 18, 2017

Sebenarnya ini post lanjutan yang dibuat mendadak karena gue baru inget ada beberapa hal yang belum gue sampaikan, maklum kan pritilan ASIP tuh banyaknya gak ketulungan.

  1. ASIP yang didiamkan biasanya akan terpisah foremilk hindmilk dan lemaknya nah biar keminum semua, putar leher botol searah (reverse) jarum jam secara perlahan supaya semua tercampur, hindari mengocok botol ke atas dan ke bawah—emangnya situ mau bikin milkshake?
  2. Warna ASIP biasanya putih susu atau agak kuning, tapi bisa agak kehijauan—ini pengalaman gue minum Asifit habis makan katuk, semacam katuk galore gitu—atau agak pink karena bercampur darah. Selama buibuk gak makan makanan aneh, semua warna warna itu tidak perlu dikhawatirkan, darah yang bercampur ASIP kalau sedikit gapapa kok kalau banyak baru tanya dokter ya. Dari awal menyusui waktu jaman puting lecet berdarah juga gue gak pernah oles macem macem obat, daripada ketelen anak? Hayo?
  3. Untuk pumping di kantor jangan lupa bawa spons, sikat dan sabun cuci sendiri ya, usahakan pumping di ruangan yang nyaman bersih dan aman, kalau mau pumping di meja kerja pake apron boleh aja kok tapi gue pilih pumping di pojok kantor tempat nyimpen dokumen, lumayan lah daripada di toilet.
  4. Kalau di rumah habis cuci steril tirisin aja biar kering sendiri kalaupun terpaksa harus dipake padahal masih ada bulir air gue sih langsung pake aja kan itu air matang, kalau di kantor biasanya gue pake tisu dilap kering biar cepet.
  5. Stock ASIP beku yang umurnya satu bulan biasanya gue tuker sama yang baru jadi walaupun beku tanggalnya selalu update. Kadang semua hasil perah dinaikin kadang dinaikin separuh aja. Suka suka hatilah. Terus simpen ASIP dengan tanggal paling lama dibarisan depan biar ngambilnya gampang.
  6. Breastpad adalah sahabat baik buibuk menyusui, gak lucu dong kalau tiba tiba ASI netes basahin baju? Apalagi buat ibu bekerja yang harus ketemu banyak orang. Merk doesn't matter, toh beda ketebalan sama besarnya aja. Gue punya yang washable tapi lebih enak pake yang sekali buang. Sudah banyak merk yang dicoba macam Avent, Medela sama yang tulisannya cina gitu lungsuran dari tante semua masih ada 4 dus. Lumayan lah hemat banyak *ketawa hepi*
  7. Gak ngoyo. Beberapa orang berhasil karena gigih dan keras kepala, but it doesn't work for me. Santai saja, kenyataan gak sesuai harapan itu kan biasa. Kalau udah usaha tapi rejekinya gak disitu ya mau bilang apa? Kan kita gak punya kuasa.
"Jangan terkukung dengan opini publik, jangan menyalahkan diri sendiri kalau apa yang direncanakan tidak berjalan baik. Ingat, manusia berencana berusaha berdoa tetap Tuhan juga yang menentukan"

Salam Semangat, 
       💋
    dhie

You Might Also Like

0 komentar