Mengajak Balita Sikat Gigi

October 23, 2018

Buat saya kebersihan gigi itu penting banget, kalo gak bisa rutin ke dentist tiap 6 bulan minimal anak harus mau sikat gigi karena saya berusaha banget supaya gigi Kai gak gupis. Duh plis jangan Ya Allah. Makanya sejak 10 bulan, iya tau saya telat, saya mulai mengajari Kai sikat gigi.

Saya beli sikat jari murah meriah gampang pakenya, tinggal cuci bersih terus masukin jarinya ke mulut anak. Aman banget kalo kegigit karena materialnya karet.


Opsi lain Dr Brown’s tooth and gum wipes tapi mahal dan gak bisa dipake berulang, saya juga baru tau dari postingan Mba Gesi.

Begitu Kai makin gede saya merasa perlu ngenalin dia ke sikat gigi beneran jadi saya beli ini setelah nyari Oral B Stages kemana mana gak nemu. Waktu awal buka bulu sikatnya masih lembut makin ke sini makin kasar dan kaku mungkin karena saya nyimpennya di udara terbuka kali ya. Saya belum beliin pasta gigi karena niat beli Jack n Jill baru sebatas niat. Maju mundur gak karuan. Jadi so far Kai masih sikat gigi polosan aja lol.


Kemudian seorang ibu bertanya kepada saya;

Kai mau sikat gigi? Anakku gak mau
Coba beliin pasta gigi yang rasa buah
Udah beli rasa pisang tapi gak mau juga

Wah saya pikir kalo anak gak mau sikat gigi terus dibeliin pasta rasa buah bakal langsung mau ternyata gak begitu juga ya.

Kai sikat gigi sehari minimal 2 kali waktu mandi pagi dan sore. Triknya gimana? Saya sikat giginya setelah selesai mandi. Kalo lagi mood ya dia mangap dan nurut kalo lagi gak mood saya pake jurus kelitik perut sampai dia mangap atau suruh appa ikut nyengir atau kadang saya bawa lagi ke kamar mandi ajak sikat gigi bareng. Kalo dia mau sikat gigi sendiri ya saya biarin aja sampai dia bosen terus saya sikat ulang.

Apakah Kai selalu mau sikat gigi? Tentu tidak. Ada kalanya dia udah ngantuk banget dan semua jurus di atas gak mempan jadi saya paksa, kalo udah gini ya bakal sama sama sebel. Makanya saya selalu usahakan ajak Kai sikat gigi waktu moodnya lagi bagus.

Jadi saran saya agar anak mau sikat gigi adalah;
  • Biasakan sejak kecil, ini berlaku ke semua rutinitas gak cuma sikat gigi aja. Semakin awal mereka tau bakal semakin gampang.
  • Beri contoh. Children see children do, jadi kalo kita mau anak sikat gigi ya orang tuanya harus sikat gigi juga.
  • Sounding. Kasih tau kalo harus sikat gigi supaya gak ada kuman dan giginya bagus, kasih liat animasi tentang gigi atau nyanyi bangun tidur ku terus mandi juga bisa.
  • Pakai pasta gigi rasa buah, mungkin anak gak mau mangap karena gak ada rasanya walaupun di Kai belum pengaruh juga karena sampai hampir 21 bulan sikat giginya masih tanpa pasta lol.
  • Last but not least, jangan kalah sama anak coba lagi sampai berhasil.
Sekian cerita ringan kali ini semoga tipsnya bermanfaat dan anak anak makin rajin sikat gigi.

Salam gigi sehat!!
Padahal yang nulis gusinya lagi bengkak *cry*

You Might Also Like

0 komentar