Bergelut Dengan Calistung

January 15, 2021

Punya anak masuk usia sekolah jadi peer tersendiri buat beberapa orang tua. Pasalnya sekarang udah gak bisa mengandalkan sekolah dasar untuk mengajar baca tulis berhitung kayak jaman saya dulu. Kemampuan itu udah mereka bawa sebagai bekal, karena sejak usia 2 tahun beberapa dari mereka mulai pre school.

Sayangnya sampai saat ini saya belum dapet kesempatan untuk bisa daftarin Kai ke lembaga pendidikan informal gara gara corona, jadi mau gak mau cicil sendiri dari rumah sebisanya.

Hal pertama yang saya pikirin adalah cara belajar dan metode apa yang masuk di Kai. Akhirnya Juli 2020, waktu usianya masih 3,5 tahun saya beli flashcard alfabet dan angka. Goal pertama ngenalin dia sama huruf karena selama ini cuma bisa nyanyi aja.

Awalnya coba 5 kartu huruf besar, terus bertahap sampai Z, baru pindah huruf kecil. Bener bener struggling banget karena baru beberapa kartu dia udah ngeluh capek. Lama kelamaan saya ngikutin ritmenya dia, kalo lagi mood dan semangat sambil main saya selipin huruf huruf baru. Entah belajar huruf demi huruf atau sekalian merangkai nama nama orang yang dia kenal. Barang barang di rumah yang punya kata dengan font jelas suka saya tanya hurufnya apa aja. 

Itu baru ngenalin huruf ya, belum belajar baca *cry. 

Angka juga sama susahnya tapi lama lama dia kenal dan suka liatin jam di hape saya walau masih meraba raba juga, menghitung udah bisa dengan sepuluh jari. Lumayanlah.

Menulis yang jadi momok terbesar karena kayaknya otot jari gak pernah dilatih, tiap dikoreksi waktu pegang pensil dia langsung berhenti belajar. Ah. Memang anaknya juga gak terlalu suka mewarnai jadi selama ini jarang pegang crayon atau pensil warna. Akhirnya daripada moodnya turun melulu tiap denger kata pensil. Saya beli beberapa alat montesori untuk latih otot jari, iya tau telat tapi lebih baik daripada tidak.

Saya ulang dari mindahin air pake spons, masukin biji ke botol, pindahin pompom pake pinset, masukin kancing ke tali dan yang kayak gitu gitu. Anaknya cuma bertahan sekali. Jadi saya beliin blok kecil dan besar biar dia belajar bongkar pasang sekalian. Sungguh melelahkan.

Sekarang nyebutin huruf dalam sebuah kata udah mulai lancar, walau beberapa suka kecampur sama bahasa inggris. Angka udah hafal, walau yang belasan dan puluhan masih disebut satu satu, kayak satu enam padahal maksudnya enam belas. Untuk bagian menulis, saya takjub, akhirnya dia bisa otomatis pegang pensil dengan benar, sebelumnya masih suka tanya pegangnya gimana ibu? Begini ya?

Aku senang :')

Walau tekanan pensilnya masih belum kuat dan samar. Iya gapapa, pelan pelan. Saya gak mau bikin calistung jadi hal menakutkan buat Kai jadi kapanpun dia mau saya yang selalu siapin waktu. Semangat ibu, peermu masih jauh.

Semoga corona cepat musnah biar anak saya bisa sekolah.

You Might Also Like

0 komentar