Sekolah Taman Kanak Kanak

August 20, 2021

Hari ini masuk minggu ke tiga Kai sekolah TK, seminggu pertama orientasi online cuma nyanyi dan doa doa jadi belum masuk hitungan. Kalau ditotal sih ya udah 4 minggu berarti dia menyandang gelar anak sekolah. Saya mau cerita pengalaman saya selama hampir sebulan nemenin Kai sekolah online.

Be ready, mungkin akan panjang. 

Sejak hari terakhir saya cuti melahirkan sampai ini ditulis, saya masih kebagian kerja dari rumah. Enak sih jadi bener bener ngawasin Kai dan tugas tugasnya. Hari pertama banget Kai kenal zoom untuk sekolah, separuh waktunya dihabiskan untuk nguap dan lihat lihat nama temennya, saya dampingin di sebelah ikut doa dan nyanyi biar dia semangat tapi ya sama aja, dia kurang selera. Hari terakhir orientasi, pas di hari jumat Kai baru agak semangat karena ada senam, emang dasar anak kinestetik ya.

Minggu pertama berhasil dilewati dengan mulus karena tiap malam saya selalu sounding besok bangun pagi dan sekolah, misalnya ada zoom atau video call saya selalu bilang nanti jam sekian ada zoom jadi dia punya waktu untuk main atau nonton tivi dulu.

Minggu kedua mulai bikin kepala pecah karena tugas bermunculan, entah hafalan surat pendek, hafalan hadits, bikin video menyanyi, menulis dan mewarnai. Bener bener ya menguras tenaga dan emosi. Saya pengennya tugas cepet kelar tapi Kai yang capek dulu lah, tidur dulu lah, gak bisa lah, akhirnya merengek dan berakhir saya marah. On repeat setiap hari saya lelah. Akhirnya bikin aturan baru, kerjain tugas sampai kelar dulu baru boleh main dan aktivitas lain. Sebenernya kalo gak pake adegan merengek tuh sebentar juga kelar. Udah gitu Kai bukan tipe anak yang senang ditutor ibunya, senengnya ibunya juga ikut. Jadi kalau ada tugas menulis, Kai menulis di buku tugas, saya menulis di buku lain, ajaibnya hasilnya jadi lebih bagus dan minim drama. Hah.

Kalau cuma ngandelin tugas dari sekolah kayaknya terlalu sedikit untuk belajar, jadi setiap malam dia harus belajar baca abjad, baca iqro, menulis, hafalan surat pendek dan hadits. Awalnya pake reward main game 30 menit dan youtube 30 menit, tapi lama lama ya dia belajar aja tanpa reward. Duh itu ya kalau moodnya lagi bagus, enak banget ngajarinnya, cepet kelar pula, cuma kalo lagi sama sama capek cuma bikin perang dunia wkwk.

Update perkembangan membaca, sekarang bisa baca dua suku kata, tiga suku kata bisa juga tapi masih belum lancar. Perkembangan menulis meningkat karena tekanan pensil udah lebih baik, bisa nyontek huruf huruf dan angka walau kadang kurang pas. Ah saya gak tau sih tolak ukurnya gimana, tapi kalau dibandingin sama pertama kali belajar calistung Kai berkembang.

Baca: Bergelut Dengan Calistung

Minggu ketiga sekolah guru Kai home visit, cuma 30 menit tapi kedengarannya Kai bisa fokus sama guru, iya saya ngumpet biar gak apa apa ibu. Pertama kali baca iqro sama gurunya udah ngebut beberapa halaman karena lancar, untuk baca abjad masih halaman pertama karena metode yang saya dan gurunya pakai berbeda.

Kayaknya habis ini saya mau ajarin bahasa inggris deh walau gak tau mulai darimana tapi ya niat dulu aja.

Semangat yang punya anak TK semoga segera bisa sekolah tatap muka.

You Might Also Like

0 komentar