Ubah Data di KK Dengan E-Open

August 18, 2021

Saya tuh sebenernya paling males disuruh ngurus administrasi kependudukan, mulai dari ktp, akta lahir, surat nikah, kartu keluarga maunya selalu instan. Makanya dari dulu selalu terima beres walau harus rogoh kocek lebih dalam dan gak punya kejelasan kapan kelar *tolong jangan dicontoh, ini tidak sehat. Terakhir waktu Nei lahir, saya bahkan nebeng bidan untuk minta tolong bikinin akta kelahiran. Biaya 240.000 dan baru jadi 3 bulan kemudian.

Agak kaget waktu liat akta yang baru karena bentuknya cuma selembar kertas A4 biasa gitu, bidannya juga bilang KK yang baru akan sama begitu soalnya semua serba digital, wong tanda tangan pejabatnya aja elektronik.

Habis itu saya langsung puter otak untuk update data di KK, yoksi personil baru harus segera ditambahin. Pak RT bilang langsung ke kecamatan aja bawa berkas berkas, tapi kan saya mager ya, gak ada waktu juga karena pagi harus nemenin anak sekolah, siang kerja, sore beres beres rumah. Appa terus rekomendasi bikin di MPP alias mal pelayanan publik, dulu beliau sempet cetak ektp di mpp, cepet banget emang sehari jadi, gratis pula, walau tetep harus antri. 

Setelah cari cari info saya malah nyangkut di aplikasi e-open, sayang banget cuma ada di play store jadi bikinnya nebeng hape appa. Cara pakenya termasuk gampang walau tampilannya kurang baik. Banyak pilihan produk mulai dari rekam ektp, bikin akta, bikin KK dan KIA, ada cara dan syarat syarat lengkap dengan video tutorialnya juga.

Akhirnya saya coba daftar untuk perubahan data di KK, modal materai 10.000 dan scan dokumen, seminggu kemudian KK baru saya udah jadi. Wah beneran praktis banget sih, gak perlu antri, gak perlu bayar, modal wifi dan kesabaran aja wkwkwk. Karena KK juga udah digital, fisiknya belum saya cetak, nanti aja kalo perlu banget, itu nyetak di kang fotokopi juga bisa sih *padahal ada printer di rumah tapi nganggur doang di pojokan, males beli tintanya lol.

Sekianlah cerita ala kadar, udah berani dong sekarang kalo disuruh urus administrasi sendiri.

You Might Also Like

0 komentar