Train To Bandung

May 20, 2022

Berhubung syarat perjalanan udah gak terlalu repot dan anak anak juga udah bisa dibawa pergi, habis selesai libur lebaran, saya dan appa memantapkan hati bawa anak anak naik kereta jarak jauh. Harus memantapkan hati dulu karena memang akan repot dan melelahkan. Hahahaha.

To do list nomor satu adalah menetapkan tujuan, tadinya mau ke Jogja tapi kayaknya terlalu jauh untuk awal mula, kalau ke Bogor artinya harus naik commuter, saya nanti dulu deh, akhirnya diputuskan Bandung yok!

Cari cari tiket di Traveloka sekalian coba kereta eksekutif ah, beli kursi untuk 4 dewasa biar lebih santai. Sebenernya anak di bawah 3 tahun hanya wajib beli tiket (tidak bayar dan tidak dapat kursi sendiri) jadi kalau gak beli kursi pun gak masalah.

Tiket pergi Argo Parahyangan eksekutif jurusan Bekasi - Bandung 170.000/orang, udah ngubek ngubek voucher diskon gak dapet juga, yowis bayar aja. Ini pun beli tiket H-14 udah gak punya banyak pilihan kursi karena mostly booked, makanya gak mau nunda lagi daripada gak kebagian.

Tiket pulang Argo Parahyangan premium jurusan Bandung - Gambir 130.000/orang, biar adil cobain yang premium juga, sayangnya harus pilih Stasiun Gambir karena yang berhenti di Stasiun Bekasi jamnya terlalu sore dari waktu check out hotel.

To do list nomor dua adalah cari hotel, karena memang agenda utama bawa anak anak naik kereta, saya minta appa cari hotel deket stasiun aja. Tapi setelah dicari cari gak ada yang sreg, akhirnya wilayah pencarian diperluas dan nyangkutlah The Trans Luxury Hotel (tenang aja pasti ada satu post untuk review sendiri hehehe)

To do list nomor tiga, akomodasi dan makan. Akomodasi ambil yang paling mudah, taksi. Urusan makan ada Trans Studio Mall Bandung, dah kelar.

To do list nomor empat, barang bawaan jangan terlalu banyak. Saya tuh tipe yang ingin bawaan lengkap tapi tidak repot. Jadi makanan, cemilan, susu anak anak repack di ziplock kecil. Bawa satu tas Kai untuk barang yang akan diambil ambil di kereta, satu tas kecil appa untuk dompet kartu dan identitas, dan satu ransel untuk bawa baju ganti plus satu carrier untuk Nei.

Hari pertama, kami sampai di Stasiun Bekasi jam 10:15, cetak boarding pass terus check in ke petugas, ternyata sekarang gak perlu nunjukkin KK KTP atau sertifikat vaksin karena udah otomatis muncul di boarding passnya, proses check in juga cepet karena gak antri. Kondisi stasiunnya aja yang agak rame karena masih libur panjang.

Gak sampai 10 menit kereta kami datang, cari gerbong terus cari nomor kursi, terus duduk manis. Wah ternyata nyaman ya, ada harga ada rupa lah hahaha. Jarak antara kursinya jauh jadi luas, kursi bisa diatur kemiringan, ada sandaran kaki, ada meja lipat untuk makan, ada kantong plastik untuk sampah, satu gerbong isinya 50 penumpang jadi kayak adem dan tenang gitu. Enaklah, walau selama 2 jam 40 menit saya gak pernah bener bener duduk dan menikmati perjalanan LOL. Kereta berangkat jam 10:45 estimasi sampai di Bandung jam 13:27, karena belum sarapan saya buru buru ke gerbong makan, beli nasi goreng kereta, CFC dan satu botol fruit tea apel habis 74.000.

Nasi gorengnya lumayan enak, ada potongan ayam dan bakso, dapet kerupuk, telur dadar dan acar timun. Kalau CFC mah udah jelas kan ya. Saya gak kepikir untuk bawa Kai ke gerbong makan padahal tempatnya lebih enak jadi kami tetep makan di kursi sendiri berduaan.

Toiletnya juga nyaman loh, ada cermin gede, air bersih, closet dan sabun. Wah norak banget deh saya yang cuma punya pengalaman naik Matarmaja tahun 90an hahahaha.

Selama perjalanan anak anak kooperatif, gimana caranya? Bawa mainan, ajak ngobrol, kalau masih laper suruh ngemil lagi. Sampai di Stasiun Cimahi hujan gede, untungnya pas di Stasiun Bandung gak hujan lagi. Langsung cari pintu keluar dan pesen taksi. Perjalanan dari stasiun ke hotel gak sampai 20 menit karena gak macet.

Setelah check in, eh hujan gede banget sampai petir yang bunyi keras gitu, akhirnya kami rebahan aja sampai jam 16:30. Pas hujan udah agak reda, kami turun nemenin anak anak berenang. Habis maghrib cari makan malam di Trans Studio Mall, wah enak sih ada akses khusus tamu hotel jadi gak perlu jalan jauh, tinggal keluar lobi ambil kanan udah deh sampai di pintu masuk mall.

Mallnya rame banget saya lupa kalau itu malam minggu, untungnya ada satu lantai khusus restoran jadi gak perlu keliling mall untuk cari makanan. Kami makan di Hokben biar cepet tapi terus ngantri Shilhin yang hampir setengah jam hahaha, saya juga liat Pak Ridwan Kamil lagi jalan sama keluarganya. Habis itu ke Transmart karena butuh air mineral, lanjut ke Fore takeaway dua kopi.

Masih pengen duduk duduk di luar tapi anak anak udah ngantuk akhirnya kami balik ke kamar dan tidur, saya sih netflix and chill sampai tengah malem ya wkwkwk.

Besok paginya cuaca cerah, bangun awal untuk sarapan, berenang lagi dan beres beres untuk pulang. Check out jam 12 kurang, kami mampir ke TSM untuk cari makan siang, masih aja rame banget, mau heran tapi ini mall LOL. Akhirnya makan di Burger King biar sekalian takeaway whooper, terus liat liat sebentar lalu ke masjid agung TSM untuk shalat. Jam 13:00 pesen taksi untuk ke stasiun, lewat jalan Braga yang rame orang bikin saya pengen turun juga dan hunting foto. Lewat alun alun yang gak kalah penuh makanya agak macet. Sampai di Stasiun Bandung jam 13:30 kalau gak salah, boleh check in duluan padahal kereta berangkat jam 15:15. Saya takeaway Hokben lagi buat makan sore anak anak, beli ice cappucino Dunkin Donut 35.000 padahal lebih kepengen Maxx tapi males keluar lagi. Duduk duduk di stasiun sambil nunggu kereta siap, terus jam 14:15 udah boleh naik.

Kami naik jam 14:30, cari gerbong premium dan jeng jeng, niat beli kursi hadap hadapan tapi salah nomor. Jadilah saya berhadapan dengan orang lain LOL. Gerbong premium isinya 80 penumpang, jarak antar kursinya lebih sempit, gak ada meja lipat dan berasa penuh gitu. Saya gak sempat ke toilet walaupun ingin.

Sampai di Stasiun Gambir jam 17:55, shalat dulu terus ngunyah burger sisa habis itu cari pintu keluar untuk naik ojek pangkalan ke Stasiun Juanda, karena pertama kali setelah keluar yang dilihat bajaj, dahlah naik aja. Berempat 30.000 tapi appa kasih 35.000 karena entah kapan akan naik lagi kan?

Sampai di Stasiun Juanda naik commuter ke arah Bekasi, udah jam 20:00 tapi masih aja rame di Stasiun Manggarai. Sampai di Stasiun Bekasi helm Kai hilang, sedih banget tapi ya udah berarti waktu kepemilikannya udah habis di Kai (besoknya ke Jagoan Helm beli yang baru buat Kai sekalian ibunya dibeliin wkwkwk)

Kapok gak kapok karena seru sih, jalan bawa anak anak tuh memang harus lancar komunikasi sama pasangan, kerjasama dan ringan tangan. Walau jadinya harus mengutamakan kenyamanan anak anak dulu baru orangtuanya nebeng kemudian. Kalau ada kesempatan lain kami mau, sekarang istirahat dulu.