Bonus Feature: What To Eat In Bali

June 18, 2023

Pergi berdua tuh ringkes banget kayak “Mau makan gak? Masih kenyang sih. Ya udah tidur aja yuk” hahaha. Selain karena mager, saya emang gak serius hunting tempat makan di Bali, jadi makan ya sekenanya aja. Wong tujuan ke Bali cuma rebahan dan berjemur di pinggir pantai menikmati pemandangan.

Baca: Terbang ke Bali


Rumah Makan Ayam Betutu Khas Gilimanuk Bali

Lokasinya deket sama bandara, naik trans metro dewata turun di depan toko oleh oleh krisna terus jalan sedikit lagi juga udah sampai. Adanya di pinggir jalan dengan lahan parkir seadanya. Tempatnya lumayan besar tapi yang makan juga rombongan.



Kami sampai jam 12.30 tapi restonya gak terlalu penuh. Langsung cari meja yang kosong dan manggil pelayannya untuk pesan.


Ayam Betutu 1/4 Ekor + Nasi: Rp 39.000
Ayam betutunya udah termasuk sepiring plecing kangkung, sambal matah (?) dan kacang goreng. Ayamnya pakai ayam kampung, gak alot, kuahnya pedes gurih sedap, kangkungnya masih ijo gitu kriuk kriuk hati hati sambalnya pedas, sambal matahnya juga enak.

Ayam Betutu Goreng 1/4 ekor + Nasi: Rp 40.000
Menu ini juga termasuk plecing kangkung, sambal matah dan kacang goreng. Ayamnya lembut tapi gak benyek, garing tapi gak alot, gak bau amis sama sekali. Jujur aja saya lebih suka ayam betutu gorengnya. Minumnya es teh manis aja per gelas Rp 6.000


Sunda Kelapa Warung Khas Betawi

Kami mampir di cabang by pass, itupun karena appa menolak makan ayam betutu lagi wkwkwk. Lokasinya persis di pinggir jalan besar, parkiran cukup memadai. Datang pas jam makan siang tapi pengunjung gak terlalu banyak, cenderung sepi sih. Enaknya mereka punya dua toilet dan restonya adem.

Paket Ayam: Rp 45.000
Isinya ada ayam, nasi, sambal, lalapan, tahu tempe, ikan asin dan sayur asem. Saya gak cobain tapi karena appa lahap berarti lumayan. Cuma katanya sayur asemnya manis.


Soto Betawi Campur: Rp 39.000
Karena pengen makanan berkuah saya pesen ini tapi pas datang gak terlalu hangat. Isi sotonya ada kentang, tomat, jeroan, kaki sapi. Kuahnya santan, gurih tapi terlalu manis buat saya.


Otak Otak: Rp 8.000/potong
Appa kepengen, akhirnya beli 4, datang dalam keadaan dingin sedikit beku, rasanya gak terlalu ikan dan cenderung lebih banyak campurannya.


Jus Terong Belanda: Rp 20.000
Saya gak coba karena gak gitu minat.


Gloria Jean’s Coffee

Sampai di bandara I gusti ngurah rai tadinya mau nongkrong dulu di sbux tapi antriannya panjang dan tempatnya kecil (ini yang di ruang tunggu keberangkatan ya) tau gitu saya nongkrong dulu tadi di luar. Akhirnya jalan ke boarding room dan nemu satu cafe. Mau minta salted caramel eh mereka udah gak punya akhirnya pesen Ice latte minta tambah gula cair habis Rp 63.000 ukuran Large. Lumayan sih biar mata melek.



KFC & Mcdonalds

Kami sempet makan siang di KFC by pass, beli menu super besar 2 isi ayam OR dan HCC pake cola tambah nasi jadi Rp 68.000. Ayam HCC gak terlalu krispi dan rasanya jauh lebih pedes dari yang biasa saya makan di rumah pun begitu dengan yang OR tapi masih sama enak sih. Restonya juga besar dan sepi jadi appa kerja juga bisa fokus.

Pas nyebrang ke mcd buat takeaway bigmac, keadannya berbanding terbalik, di mcd super duper rame dan antrian mesin mandiri penuh banget hahahaha. Mungkin karena turis asing lebih suka burger kali ya. Untung tadi udah makan dulu. Saya takeaway bigmac + chicken wrap habis Rp 65.500 sama lah ya harganya. Tapi lagi lagi rasa dagingnya beda sama yang biasa saya makan hahaha appa juga bilang gitu pas makan chicken wrap. Berasa liburan beda negara aja saya tuh hahaha.


Rama Krisna Oleh Oleh Bali

Sebenernya saya gak gitu suka pie susu tapi karena pengen bawain orang rumah oleh oleh mampirlah ke Krisna yang di Tuban. Pas di pintu masuk kami dikasih stiker ditempel di bahu gitu entah fungsinya apa. Di dalam banyak aneka oleh oleh dari cokelat, kopi, pie susu, kacang, kerupuk, kaos, kalung, kain, sendal, tas, topi, hiasan meja, mainan, banyak deh.

Saya beli pie susu original isi 10 Rp 35.000, kacang disko Rp 26.000, kerupuk ceker Rp 23.500 yang saya nyesel kenapa gak beli lebih banyak, abon ikan Rp 30.500, kaos anak anak Rp 35.000 s/d 75.000, kaos dewasa Rp 35.000, mobilan kayu Rp 42.500, kalung Rp 19.000, sandal anak Rp 17.000, magnet bali Rp 14.000.

Harganya kisaran segitu, ada yang lebih murah dan mahal tergantung merek dan kualitas. Bayar langsung dikasir terus mereka nawarin mau pakai kantong belanja atau dikemas kardus. Karena belanjaan saya lumayan banyak akhirnya pindah ke bagian depan untuk minta packing kardus nambah Rp 10.000, oh tenang packingnya rapi dikasih label nama nomor telepon dan tali untuk nenteng, jadi di bandara gak bakal ketuker sama kardus orang karena pas di bandara ya banyak yang bawa kardus serupa hahaha.

Selama di Bali kami gak sewa kendaraan, modal taksi sama trans dewata aja. Naik taksi juga pake aplikasi mybluebird gak pake taksi online gitu, lebih berasa aman aja sih. Naik trans dewata juga nyaman kok, harga murah selamat sampai tujuan. Rutenya banyak tapi ya beda bus, jadi kadang perlu transit juga, cek aja IG @transmetrodewata buat info lengkapnya.

Gak cukup sebentar main di Bali, makanya lain kali semoga bisa datang lagi.

You Might Also Like

0 komentar