Manusia & Media Sosial

August 08, 2018


Sore sore yang teduh sambil ngelonin anak habis minum segelas teh panas saya scroll temlen twitter, ada sebuah twit berisi (foto) komentar komentar di sebuah postingan instagram penyanyi M yang kata katanya asdgfhx banget.

Mereka ngomentarin cara ibu baru ini bikin caption;

“...bayi super ganteng super sempurna super manja sama maminya anteng kalo dipegang maminya...”

Setelah saya baca caption itu saya emang agak gimana sih tapi ya udah berlalu aja karena ngertilah jadi orang tua khususnya ibu (baru) tuh anak sendiri emang selalu dielu elu. Mungkin ada juga caption di instagram saya yang dibaca orang kok ya hiperbolis banget, bedanya gak ada yang komen jahat ke saya karena saya rakyat jelata.


Tapi salah satu komentar yang bikin saya jadi inget luka lama adalah;

“Bakal kena virus semesta Andien nih. Mbaknya, sempurna hanya milik Tuhan mbaa... istigfar”

Deg!

Balik ke masa dimana saya baru melahirkan, persalinan spontan dengan beberapa jahitan dan blackout dua kali dalam masa pemulihan, kurang tidur, lelah sekali ditambah harus berkenalan dengan satu manusia lagi.

Waktu itu si A juga baru beberapa minggu melahirkan, bedanya dia persalinan di rumah pake ngerebus 15 galon air buat gentle birth sementara saya di rumah sakit rujukan bpjs.

Saya merasa bakal punya panutan karena anaknya seumuran bisa banyak belajar. Eh ternyata bukannya menginspirasi, caption yang dia buat malah bikin saya makin inferior, ujung ujungnya saya stres sendiri karena kok yang saya alami gak sama kayak feed instagram dia.

Dimana katanya anaknya sehari nangis cuma 10 menit.

Anak saya tiap jam kok nangis mulu.

Dimana semua foto candid dia dan si K bagus bagus.

Foto saya noise semua karena gak punya fotografer pribadi yang siap 24 jam di pojok ruangan.

...and stuff saya males inget inget lagi. Benerlah kalo ada yang bilang sejak ada media sosial kita bisa benci orang yang kita gak kenal.

Akhirnya saya langsung block akun instagramnya (padahal gak follow) termasuk suami, anak, kerabat pokoknya semua yang ada content dia dan anaknya. Itu pertama kali sih saya block publik figure karena merasa dia bakal mengancam kesehatan jiwa saya. Sampai sekarang usia anak saya 18 bulan saya masih belum ada niat untuk unblock. Udahlah. Saya gak bisa. Cari akun parenting lain aja.

Pointnya apa? Karena dia berhak menjaga kesempurnaan feed instagramnya maka saya berhak menjaga kewarasan diri saya.

You Might Also Like

0 komentar