Mau Pipis!

November 25, 2018

Minggu pagi ini saya appa dan Kai sarapan di fast food resto sebuah mall, masih sepi banget cuma ada 2 pelanggan termasuk kami.

Gak lama kemudian dari pintu samping deket meja kami duduk, masuklah sebuah keluarga isinya bapak, ibu dan satu anak laki laki usia SD, mungkin sekitar 11-12 tahun karena badannya cukup besar. Sebut saja anak ini Dud. Dud merajuk ke orang tuanya.

Bapak: "Mah itu Dud mau main"
Dud: "Main mau main!"
Ibu: "Iya makan dulu"


Si Dud yang ngambek bablas ke pintu depan restoran

Ibu: "Mau kemana? Pulang aja sana! Pergi sendiri!"
Dud: "Mau pipis!"


Posisi si bapak deket banget pintu depan, saya pikir bakal dianter ke toilet atau minimal ke selokan yang jauh di sudut. Ternyata, Dud keluar sendiri terus buka celana persis di depan resto yang mana adalah lahan parkir dengan banyak orang lalu lalang dan PIPIS DENGAN BANYAK DAN MUNCRAT MUNCRAT.

I was like REALLY?!!

Kursi saya pas banget menghadap pintu depan jadi ya melihat langsung semua hal gak wajar itu terjadi begitu saja.

Ibunya mana nih? DIEM AJA DONG. BENER BENER NUNGGUIN ANAKNYA KELAR PIPIS TERUS MELENGGANG KE KASIR. Pun bapaknya juga demikian, habis adegan awkward itu si bapak dan Dud naik ke lantai dua ngecek playground kayaknya. DAN MEREKA SEMUA BERSIKAP SEPERTI GAK ADA APA APA, SEOLAH HAL ITU ADALAH HAL BIASA.

Gak lama pegawai resto bawa air seember keluar untuk nyiram bekas pipis Dud. Sementara keluarga ini makan dengan damai tanpa rasa bersalah.

•••••••••

Saya bisa maklum kalau Dud usia toddler, ah mungkin malah masih pake popok ya. Udahlah saya gak jadi maklum karena gak nemu pembenaran atas kejadian ini.

Pertama, Dud gak pernah diajari rasa malu. Bahwa untuk membuka auratnya di tempat umum adalah boleh dan gapapa. Kedua, Dud gak diajari sopan santun. Bahwa pipis dimana saja adalah boleh dan gapapa. Ketiga, Dud gak diajari tanggung jawab. Bahwa habis pipis dibiarkan begitu saja adalah boleh dan gapapa. Aaaargh.

Mungkin kalo dia pipis di rumah yang nyiram nanny atau mbaknya atau malah dibiarkan begitu saja karena GAPAPA LOH HABIS PIPIS GAK DISIRAM. Doh!

Bentar saya tarik napas dulu. Ngetik begini kesel banget ternyata. Hhh.

Saya langsung liat Kai dan, no! Gak bakal saya biarin Kai pipis begitu, level yang anak pada pipis di selokan depan rumah aja saya bawelin kok. Apalagi di tempat umum yang banyak toiletnya begini. Mungkin makin gede anak akan belajar sendiri apa itu malu tapi kan kalo udah mengganggu kenyamanan orang banyak gak bisa dong terus berlindung dengan “Alah namanya juga anak anak!”

Ini kayaknya bakal nyambung ke urusan anak dan transportasi publik tapi simpen itu untuk nanti.

Terus pesan moralnya dimana?

Saya paham semua keputusan tentang bagaimana seorang anak akan dibesarkan adalah sepenuhnya hak dan tanggung jawab orang tua, tapi ada baiknya untuk hal hal dasar yang berkaitan dengan kenyamanan anak dan orang banyak perlu diperhatikan dan diajarkan sejak awal.

Sama, saya juga orang tua.

You Might Also Like

0 komentar