Balita & Transportasi Umum

November 26, 2018

Saya pengguna transportasi umum garis keras, tiap pagi berangkat kerja naik bus dan pulang naik KRL. Otomatis saya sering dapet pengalaman naik transportasi umum sama anak anak, khususnya balita. Apalagi saya juga punya satu toddler, jadi saya bakal cerita dari dua sudut pandang berbeda.

Ketika Jadi Si Orang Tua
Saya pernah bawa Kai naik KRL dan busway, waktu itu usianya 9 dan 12 bulan. Waktu naik KRL kebetulan bukan rush hour jadi agak lenggang tapi tetep dia pengen berdiri di kursi dan memandang keluar. Saya biarin selama itu gak mengganggu penumpang di sebelahnya, setelah agak bosen dia mulai minta turun, untung belum kenal tantrum jadi langsung saya gendong dan ajak berdiri. Saya monolog sampai gak tau harus cerita apa lagi.

Lain waktu naik busway, perjalanan pergi Kai anteng karena bangun tidur, pas pulang heboh minta turun dan jalan di dalam bus, untung penumpang cuma kami jadi ya sibuk jaga keselamatan anaknya aja. Habis itu lagi lagi saya monolog dan mimi to the rescue.

Tipsnya bawa balita naik transportasi umum tuh:
  • Sounding
  • Ambil jam ketika anak tidur
  • Hindari rush hour
  • Bawa mainan / buku / makanan anak
  • Alihkan perhatian anak, ajak bicara, beri pengertian

Ketika Jadi Si Penumpang
Saya kerap kali nemuin bayi nangis, anak yang duduk sembarangan di KRL (di bawah ya bukan di kursi) dan yang ribut banget sepanjang jalan karena minta pulang.

Kalo saya lagi waras dan hatinya baik pasti maklum dan berusaha gak terganggu, tapi kalo lagi capek dan mood berantakan? Udahlah sebel banget.

Pernah ada cerita di KRL, bayi sekitar 6 bulan nangis gak berhenti sepanjang Manggarai-Cakung, ibunya cuma sst sst aja gak coba dikasih susu atau apa. Awalnya penumpang pada toleran lama lama kok ya menyebalkan jadilah seorang bapak nyeletuk “Haus kali tuh kasih minum dong” terus penumpang wanita lainnya ngulurin botol minum. Si ibu bingung gimana cara kasih minum bayi pake botol mineral, saya bilang “Tuang aja ke tutup botolnya kasih sedikit sedikit”

Habis kena air gitu bayinya langsung tenang aja dong. Hhh. Ternyata bapak si bayi punya dot isi air dan susu, kenapa ya gak dikeluarin dari tadi? Oh newbie.

Jadi tipsnya sebagai penumpang:
  • Toleran
  • Tegur kalo sudah melanggar batas
  • Bantu atasi kalo mampu

Masalahnya tuh ada beberapa orang tua yang gak solve the problem sama sekali, bodo amat dan cuek bebek.

Baca: Mau Pipis!

Kunci utama memang di orang tua sih, orang tua mau aware sama kenyamanan publik atau gak. Mau mengajarkan anaknya kebaikan atau terus berlindung dibalik

“Alah namanya juga anak anak!”

Hah pret. Bilang aja males.

You Might Also Like

0 komentar