Tentang Menakuti Anak

November 07, 2018


Saya masih ingat betul waktu usia SD kalo makan gak habis pasti mama bilang: Nanti ayamnya mati loh. Padahal saya gak punya ayam.

Atau sering banget saya denger: Kalo nakal nanti disuntik loh / Kalo gak nurut laporin pak polisi nih / Nanti dimasukin karung loh sama pemulung

Baca: Tentang Anak Yang Nakal

Dulu saya takut, takut ayam saya mati, takut disuntik, takut sama pak polisi. Saya takut tanpa alasan yang jelas. Saya takut karena saya ditakut takuti.

Setelah dewasa dan jadi orang tua, pola parenting yang begini gak saya pakai lagi. Saya gak mau menakuti anak dengan sesuatu yang malah menyusahkan saya di kemudian hari.

Contoh:
-  Ayo minum obat kalo gak mau nanti disuntik loh!

+ Anak akan minum obat tapi takut disuntik atau anak gak akan minum obat dan tetep takut disuntik. Ketika pada masanya dia harus disuntik dia akan takut karena doktrin yang kita buat sendiri.

Saya akan gimana:
-  Ayo minum obat biar cepet sembuh, obat manis loh.

+ Fokus sama obat aja, bohong sama anak kalo obat manis itu urusan lain.

Ini berlaku juga ketika anak jatuh atau kepentok sesuatu. Apa lantas bilang mejanya nakal terus digetok? No. Saya akan suruh dia hati hati. Karena dia tidak hati hati makanya jatuh atau kepentok. Saya selalu berusaha memberi penjelasan yang logis. Anak ngerti loh jangan anggap remeh. Intinya saya gak pernah pake diksi menakut nakuti dengan pihak ketiga atau sederhananya cari kambing hitam.

Ajari anak takut sama Allah SWT aja yang lain jangan, sama orang tua juga bukan takut tapi ya hormat.

Grak (?)

You Might Also Like

0 komentar