Weaning: With War

February 11, 2019


Setelah gagal weaning akhir tahun kemarin, malam ini saya coba lagi karena ketriggered postingan mba Gesi di Instagram. FYI, anak bungsunya, Aiden sudah 3 tahun dan masih nenen. Belum disapih karena mba Gesinya juga masih gapapa walaupun terus disounding untuk berhenti.

Saya merasa mirip saya banget nih, saya sounding Kai berhenti mimi tapi deep down inside masih bodo amatlah kalau masih minta juga tinggal dikasih aja. Jadi memang niat saya belum bulat banget. Tapi kok agak ngeri membayangkan Kai terus mimi sampai 3 tahun or more. Oh no! Jadi 6 hari sebelum ulang tahunnya yang kedua saya bertekad mulai lagi.

Rabu, 23 Januari 2019
Sebelum pulang kerja saya text appa kasih tau kalau malam ini mau weaning Kai. Sampai di rumah seperti biasa, beres beres, ngobrol seharian ngapain aja, saya cerita keujanan bla bla terus dia minta mimi!

Saya bilang ada sambelnya kayak usaha pertama, he doesn’t care at all. Udah kan gak mempan. Akhirnya saya biarin dia nangis dulu sambil cari cara supaya gak minta mimi. Saya tawarin susu gak mau, saya bacain buku dan gambar dia baru agak lupa.

Saya tinggalin appa sama Kai menggambar, saya makan di ruang depan. Makan belum habis Kai udah nangis dianter appa ke tempat saya makan. Saya agak lelah karena appa gak bisa narasi dan distrak Kai, jadi setengah marah saya kasih mimi kiri kanan sebentar.

Setelah kenyang saya agak tenang, Kai juga sama. Udah shalat terus siap tidur lampu udah gelap, saya peluk Kai sambil ngomong banyak. Saya merasa bersalah tapi pengen Kai berhenti juga.

Setelah cerita dan nyanyi dan cerita dan nyanyi lagi, Kai tidur sendiri. Saya denger dia agak sesenggukan tapi tidurnya gak mimi. Usaha gak sampai di situ aja, Kai tuh biasa kebangun jam 2 atau 3 untuk minta mimi. Semalem bukannya dipuk puk malah saya kasih. Hahahaha haduh.

Kamis, 24 Januari 2019
Hari ini Kai minta mimi juga, tapi saya puji dulu dengan
“Wah semalam Kai hebat bobo sendiri gak pake mimi. Kai juga sebentar lagi ulang tahun yang kedua, jangan mimi lagi, karena mimi cuma boleh sampai dua tahun aja”


“Jangan mimi, gak boleh”

Dia mengulang. Ada rasa nyes di dada saya, apakah saya masih belum rela? Huhu. Saya ngobrol terus sampai lama. Dia ndusel doang, hampir mau buka terus mimi sendiri, saya tegur “Kai!” dia tutup lagi. Saya cerita dan nyanyi lagi sampai saya ketiduran. Kayaknya Kai belum bisa tidur jadi dia menerobos mimi huhu gagal lagi.

At least hari ini ada kemajuan Kai mau mengulang. Mungkin saya juga gak bisa tiba tiba stop, jadi saya berencana untuk kurangin waktu menyusui supaya Kai bisa lepas sendiri.

You Might Also Like

0 komentar