Kartu Kredit & Sedikit Tips

February 02, 2021

Sebenernya udah 3 kali saya bikin draft soal kartu kredit tapi selalu mandek dan akhirnya gak jadi publish. Mbuh kenapa, dirusak mood mungkin saja.

Hidup di jaman serba canggih, bukan hal aneh lagi kalau bisa belanja gak pake duit. Paylater merajalela, pinjaman online semudah bales chat sambil merem. Mengerikan.

Sampai sekarang saya gak kegoda paylater atau pinjaman online sama sekali, mungkin karena background sekolah ekonomi dan masih waras, jadinya gak mau sekarat pelan pelan. Walau begitu saya juga gak anti kredit selama punya prinsip disiplin bayar dan gak ganggu kebutuhan utama.

So far kredit paling besar yang kami punya ya KPR (baca dulu gih: Beli Rumah KPR) selain itu cuma cicilan kartu kredit yang masih bisa dipantau dan aman terkendali.

Saya kerja udah 5 tahun tapi baru pake kartu kredit 2 tahun terakhir, limitnya gak banyak, waktu pertama kali bikin 2 tahun lalu itu 3x gaji saya. Walau sekarang pendapatan udah naik, saya masih gak ada niat naikin limit.

Awal awal pake kartu kredit saya pelajari dulu soal bunga, jatuh tempo dan sistem pembayaran. Selain itu setahun pertama saya cuma pake untuk beli barang dengan cicilan 0% yang nilai perbulannya masih bisa saya bayar. Pernah satu kali beli barang 1,3 juta kirain bentuk cicilan ternyata cash hahaha langsung merutuki diri tapi bulan depannya dibayar lunas. Sejak itu saya hati hati kalau mau beli barang cicilan.

Karena bentuk cicilan dengan kartu kredit gak cuma satu barang, saya selalu catat di notes nama barang, terms, nilai dan jumlah cicilannya. Jadi akan ketauan nilai barang yang dicicil jumlahnya berapa dan kapan lunas. Kalau berasa udah penuh banget biasanya saya gak ambil cicilan sampai barang dengan porsi besar lunas dulu.

Selain itu, kartu kredit juga akhirnya kepake buat beli token listrik dan kuota LOL. Hawanya jadi kayak pake dulu baru bayar gitu lah. Tapi pritilan pritilan begitu juga selalu saya catat. Intinya sih setiap ada transaksi baru dengan kartu kredit pasti saya catat. Jadi ketika tagihan terbit selisihnya cuma 5.000 untuk biaya notifikasi aja. Terus karena masih gak terlalu ngerti sistem bunga yang kayaknya numpuk numpuk, saya selalu bayar tagihan full, bukan minimum atau setengah dan selalu tepat waktu.

Selain menjaga kredibilitas di bank ya biar tenang aja, lagipula setiap saya pake kartu kredit saya selalu mikir dulu bulan depan bisa bayar atau gak. Kalau gak bisa saya gak akan pake, dengan begitu gak ada rasa menghambur hambur uang yang katanya bukan milik kita. Lah itu uang kita, wong yang bayar kita kok.

Sedikit pesan dari saya, kalau tanpa kartu kredit aja penghasilan kalian udah kurang untuk kebutuhan sehari hari, coba pikir lagi kalau mau pake kartu kredit atau aktifin paylater. Jangan sampai kelilit dan tercekik. Buat yang cicilannya masih banyak, semangat yak :)

You Might Also Like

0 komentar