Being A Bridesmaid

March 06, 2019

Sebenernya waktu kali pertama dikasih bahan sama sahabat SMA saya udah ngedraft untuk sharing pengalaman jadi bridesmaid. Tapi gak tau ya itu draft nyelem kemana saya lupa hahahaha. Jadi ini saya tulis untuk kenang kenangan, Findi pernah jadi bridesmaid di masa lampau. Hohoho.


Entah mulai tahun berapa trend bridesmaid di Indonesia jadi booming banget, hampir semua cewek yang menikah udah pasti punya bridesmaid. Oh sama bridal showernya jangan lupa. Saya pun termasuk yang punya cita cita kasih seragam bridesmaid ke temen temen deket, alhamdulillah terwujud walau ceritanya ada di blog sebelah: My Bridesmaids.


Pertama kali saya jadi bridesmaid itu hampir 2 tahun lalu, sahabat SMA yang menikah dengan adat Jawa. Saya dapet dua potong kain satin dan brukat garnet terus langsung pusing mau dijahit kayak apa. Karena waktu itu belum pakai kerudung bener bener kewalahan banget karena banyak mau. Hahahaha. Saya kan gak suka ya model pasaran tapi gak bisa bikin model sendiri jadinya susah lol. Akhirnya dibikin long dress, bagian depan agak kerut dan brukatnya dibikin jubah ala batman gitu. Kemiripan 90% dengan model yang saya mau.


Saya jahit di kenalan temen saya, Tante Reni namanya, beliau jadi ngerjain dua seragam sekaligus lol. Jahitannya bagus dan beliau menyanggupi model yang agak susah ini terus yang paling penting ongkos jahitnya affordable banget ya ampun. On budget untuk para bridesmaid lah. Soalnya saya pernah jahit long dress untuk lamaran ongkosnya sampai 500.000 aduh ngilu banget beneran, padahal bahan yang saya beli gak sampai 100.000 lol. Enough said. Lesson learned. Makanya ketemu Tante Reni kayak ...and then a hero comes along...



Waktu itu saya submit H-30 kalau gak salah, sekalian jahit kemeja appa sama Kai kembaran gitu, bahan batiknya beli di olshop instagram batik apa gitu lupa.


Hari hari berlalu tiba tiba datang kabar gembira sahabat kuliah segenk saya mau nikah, dia ajak ketemuan untuk kasih bahan. Dapet lagi lah dua kain satin dan brukat dusty pink, I’m so happy. Besoknya langsung submit ke Tante Reni, beliau juga lagi banyak jahitan ternyata, untung acara saya gak mepet mepet banget. Saya minta dibikin long dress biasa pakai tambahan brukat kerut di bagian rok. Untuk hasil jadi akan saya update ya soalnya baru masukin kemarin bahannya. Semoga sesuai dengan bayangan saya, soalnya ini modal tutor aja gak kasih foto sama sekali karena saya gak nemu, udah gitu gak bisa gambar pula lol.


Update:
Ini hasil seragamnya ya. Lucu banget sesuai keinginan saya, saya tambahin kalung di leher buat pemanis dan pada bilang bagus hahaha, I'm satisfied.





Catatan-catatan dari saya tentang bridesmaid:
  • Tentukan orang orang yang akan dikasih seragam, biasanya ini sahabat dekat atau keluarga. Kamu hitung sekalian berapa jumlahnya.
  • Tentukan tema dan warna seragam. Misalnya nih kamu pengen bridesmaid kamu pake kutu baru, ya udah cari batik untuk rok dan kebaya untuk atasan. Atau misal pengennya pakai gaun aja berarti belinya kain satin. Menentukan warna juga penting supaya di toko kain gak kalap beli yang lain.
  • Sesuaikan budget. Misalnya nih, kamu punya jatah 70.000 per orang, survei dulu kalau beli seragam jadi harganya berapa, kalau beli bahan mentah harganya berapa, bandingkan.
  • Waktu menjahit. Kalau sudah menentukan beli bahan untuk dijahit, usahakan kasih dari jauh jauh hari karena temen kamu perlu cari tukang jahit juga kan, minimal H-30 deh.
  • Ukuran kain. Untuk badan wanita kebanyakan, biasanya butuh 2 meter kain untuk bikin long dress lengan panjang. Untuk brukat bisa menyesuaikan, mau ikut 2 meter atau 1 meter, ini biasanya cukup untuk atasan atau bawahan aja. Atau kalau misal budget mentok tapi kurang sreg kasih kain polosan doang, bisa tambah kain batik 1/2 meter untuk pemanis.
  • Ini paling simple, sewa sama WO kalian. Kalau misalnya yang jadi bridesmaid keitung jari ya udah sekalian sewain aja lol.
Happy hunting you bride and bridesmaid to be!!!

.:Contact
Tante Reni (Whatsapp by request)

.:Workshop
Pondok Hijau Permai, Bekasi

You Might Also Like

0 komentar