Hari-Hari Selesai Menyusui

March 13, 2019

Sudah sebulan ya tidak merasakan puting sakit karena digigit atau masuk angin karena tidur dengan baju terbuka sepanjang malam. Rasanya kembali hidup setelah sekian lama hahahaha.

Saya mau bahas beberapa hal setelah tidak menyusui lagi, dari diri sendiri sampai gimana Kai malam hari.

Apakah panas dingin?
Saya gak, mungkin karena produksi asi biasa aja dan udah berhenti pumping dari lama jadi pas stop menyusui gak sampai meriang panas dingin. ASI tuh konsepnya supply and demand kan? Kalau udah lama gak ada demand ya akan kosong dengan sendirinya. Makanya penting banget untuk bertahap kosongin payudara supaya pas weaning gak bikin sengsara.

Apakah Kai makannya jadi lahap?
Kalau gak ada saya, iya. Jadi kalau hari kerja tuh perutnya akan selalu melendung kebanyakan makan dan minum susu tapi kalau sabtu minggu harus diajak makan keluar dulu hahaha *ini ibunya aja kali ya.

Sudah tidak mimi tidurnya gimana?
Minum susu, cerita dan nyanyi. Kadang sampai 3 trip 100ml baru bisa tidur lol. Loh kenapa gak bikin sekalian banyak? Pertama Kai gak suka susu yang udah dingin, kedua saya gak pernah kasih susu sisa jadi kalau gak habis hampir selalu saya buang. Misalnya bikin 100ml, mostly habis tapi kadang sisa 40ml, ya udah sisanya saya buang bikin baru. Kecuali baru 30 menit lalu ya, saya pasti tambah air hangat dan kasih lagi lol.

Awal awal berhenti mimi dia pasti gelisah dan kebangun jam 2 atau 3 pagi, kadang nangis kadang minum air putih aja terus tidur lagi. Sekarang hampir gak pernah kebangun, kalaupun ngelilir modal ‘bobo sayang’ atau puk puk dia langsung merem lagi. Kalau tidur siang agak susah, harus dia capek atau kenyang banget dulu.

Terus karena berhenti mimi dan tidur harus dengan susu botol ya, kalau nginep mau tidak mau saya ngepack susu bubuk per sekali minum, manfaatin kantong asip sisa perjuanganku dulu lol. Kalau cuma pergi sebentar atau ke mall gak pernah bawa, males lah repot. Saya akan bawa susu botol kalau fasilitas buat nyeduhnya gampang hahahaha.

Yes I know, tugas melepas botol dot ini juga akan jadi peer saya nanti. Targetnya sih sebelum masuk TK harus sudah tidak pakai lagi, kalau bisa sih sebelum ulang tahun ketiga ya Kai *wink wink.

Kalau mau tidur pake pegang puting dulu gak?
Not at all. Alhamdulillah pas berhenti mimi dia gak sama sekali pegang pegang puting lagi. Padahal waktu nyusuin mah ya ampun, berasa lagi pilih saluran radio kali ah *ini yang bukan ibu ibu bacanya pada geli gak sih hahaha maaf loh kalau gak nyaman.

Kalaupun tadinya Kai tetap begitu saya gak ada rencana untuk membiarkan sih, wong bikin susu malem aja saya males lah ini nambahin drama baru hahaha.

Sekarang kalau liat payudara Kai akan lempeng aja, dulu mah saya baru buka pager anaknya udah teriak BU MIMI BU! hahahaha kangen ternyata. But life must go on, sekarang atau nanti Kai tetep harus berhenti kan. Jadi ya udah, saya nikmati hari hari tanpa breast pad dan bra menyusui.

You Might Also Like

0 komentar